News: Pernyataan Zahir terkait Covid 19

PROMOSI DI FACEBOOK VS PROMOSI DI INSTAGRAM, EFEKTIF MANA? 3 tahun ago

PROMOSI FACEBOOK VS PROMOSI INSTAGRAM

Instagram VS Facebook. Pada zaman digital seperti saat ini, media sosial bukan hanya di jadikan sebagai media dalam melakukan sosialisasi dengan orang lain, hiburan serta informasi semata namun juga dapat di jadikan sebagai tempat untuk menjalankan bisnis.

Populernya media sosial di kalangan masyarakat luas tentu saja hal tersebut menjadi incaran utama para pelaku usaha untuk dapat melakukan ekspansi terhadap bisnisnya sebab jangkauan di dalam media sosial sangat luas serta tidak terbatas.

Trend melakukan transaksi jual beli pada media sosial saat ini telah menjadi gaya hidup masyarakat masa kini. Bukan hanya hal tersebut di nilai mudah serta praktis namun juga karena produk yang di tawarkan juga menjadi lebih menarik.

Fitur – fitur canggih yang di sediakan oleh setiap platform pada media sosial di nilai lebih memudahkan proses marketing hingga sampai pembelian produk. Sehingga hal tersebut akan menjadi suatu keuntungan bagi Anda yang ingin memulai merambah bisnis online.

Facebook VS Instagram

Facebook VS Instagram

Source Gambar: belajarinternetan

Dari sekian banyaknya media sosial yang ada saat ini, Instagram dan Facebook merupaka dua media sosial yang paling banyak di minati oleh masyarakat untuk di pergunakan sebagai media baik promosi maupun berjualan online.

Hal tersebut di pengaruhi oleh jumlah pengguna aktif pada kedua media sosial tersebut yang cukup besar apabila di bandingkan dengan media sosial yang lainnya sehingga menjadikan kedua media sosial ini sebagai media sosial dengan jumlah account bisnis online terbanyak.

Berikut ini akan di jelaskan mengenai perbedaan antara kelebihan serta kekurangan dari masing – masing fitur pada kedua media sosial tersebut (Facebook dan Instagram).

Facebook

Image

Meskipun fitur untuk dapat mengunggah foto atau image telah banyak di terapkan pada media sosial lainnya, namun kelebihan dari upload image pada facebook yaitu kualitas gambar yang tidak akan berubah.

Sehingga dapat di pastikan kalau detail gambar dari produk Anda akan terlihat lebih jelas serta tentunya apabila hal ini di lihat dari sisi konsumen maka akan memuaskan sebab konsumen dapat melihat kualitas produk hanya dari gambar serta akan membantu mempermudah mereka dalam membuat keputusan pembelian.

Di samping kelebihan tersebut, adapun kekurangannya yaitu apabila Anda ingin mengedit foto sebelum di unggah pada Facebook maka Anda harus menggunakan perangkat atau software lain sebab Facebook hanya memberikan fasilitas edit foto yang berupa crop picture (memotong gambar) dan tag picture (memberi tanda pada gambar)

Video

Pada mulanya fitur ini jarang di pergunakan oleh para pengguna Facebook, namun saat ini sudah semakin marak di gunakan sebab persaingan bisnis online juga semakin ketat sehingga menuntut para pelaku bisnis agar lebih kreatif lagi dalam hal promosi atau memperkenalkan serta menjual produknya.

Kelebihan dari fitur upload video ini kurang lebihnya hampir sama seperti upload image, yaitu kualitas video tidak akan berubah bahkan tidak ada batasan durasi yang di berikan oleh pihak developer Facebook sebab kapasitas yang Facebook miliki lebih besar di apabila kita bandingkan dengan media sosial lainnya.

Namun kekurangan dari fitur ini juga sama seperti fitur image yaitu apabila ingin mengedit tidak bisa dilakukan secara langsung melalui Facebook melainkan Anda butuh aplikasi lain apabila ingin memberikan efek pada video yang ingin Anda upload.

Fanpage

Fitur ini merupakan fitur terbaik yang di berikan oleh developer Facebook bagi para pebisnis online. Untuk membuat akun fanpage juga sangatlah mudah, hanya dengan satu syarat yaitu Anda harus memiliki akun pribadi pada media sosial Facebook terlebih dahulu sebelum Anda dapat melanjutkan untuk membuat akun fanpage ini.

Kelebihan yang di berikan dari fitur ini bagi keberlangsungan bisnis Anda yaitu Anda dapat dengan bebas melakukan update terhadap produk tanpa takut tercampur dengan konten pribadi Anda serta memudahkan para calon pembeli mengetahui informasi tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Selain itu terdapat pula kelebihan lainnya dari fitur ini, seperti jumlah fans yang tidak ada batasnya, mendapatkan indeks dari search engine, free tag dan dapat muncul pada newsfeed buyer.

Dan satu hal yang terpenting yaitu interface yang diberikan oleh fanpage memberikan kesan yang professional sehingga akan memudahkan Anda agar bisa mendapatkan kepercayaan dari calon pembeli Anda.

Instagram

Editorial Image

Instagram merupakan media sosial pertama yang menjadikan gambar sebagai konten utamanya, maka dari itu Instagram mempunya berbagai macam jenis efek serta filtrasi yang unik serta lucu yang bisa di terapkan pada gambar yang akan Anda upload. Sehingga Anda tidak perlu repot – repot untuk menggunakan aplikasi lain pada saat ingin mengedit foto sebelum Anda upload.

Namun di samping kelebihan tersebut, Instagram memiliki kelemahan yaitu Anda tidak bisa secara langsung mendownload foto dari akun orang lain tanpa bantuan dari aplikasi lain. Selain itu kualitas dari gambar yang terdownload juga akan mengalami penurunan kualitas sebab Instagram akan menyesuaikan kapasitasnya pada penggunaan di smartphone.

Editorial Video

Sama seperti fitur edit image. Instagram juga memiliki berbagai efek serta filter yang unik agar dapat Anda gunakan pada video yang nantinya akan Anda upload selain bisa memotong durasi ataupun bagian yang tidak Anda inginkan pada video langsung di Instagram.

Kelemahan dari fitur ini yaitu sama seperti fitur yang sebelumnya, sama – sama akan terjadi penurunan kualitas atau mutu video pada saat Anda mendownloadnya. Selain itu kelemahan lainnya adalah, durasi video pada Instagram tergolong singkat apabila di bandingkan dengan media sosial Facebook, pada Instagram durasi video hanya dapat berlangsung selama 1 menit saja.

Hashtag

Hashtag hampir sama fungsinya seperti keyword pada search engine, selain itu fungsi hashtag pada Instagram juga tidak jauh berbeda dengan yang ada pada media sosial twitter. Dengan menggunakan fitur ini amak pengguna akan bisa langsung masuk pada topik yang ingin di lihat atau di cari. Sehingga fitur ini akan sangat membantu Anda dalam mempromosikan produk Anda.

Hanya dengan mencantumkan hashtag popular pada caption gambar atau membuat hashtag unik yang hanya di miliki oleh produk Anda sendiri maka akan membuat produk Anda lebih mudah untuk di cari. Dengan mencantumkan hashtag yang tepat maka akan mempercepat proses penyebaran informasi mengenai produk atau jasa Anda.

Instastory

Fitur dari Instagram yang baru ini juga menawarkan fitur – fitur tambahan dalam mengedit gambar maupun video seperti menaruh stiker ataupun teks tambahan dalam konten yang akan di upload baik gambar maupun video. Namun kelemahan dari fitur ini yaitu konten yang di upload akan hilang dalam kurun waktu 24 jam serta durasi video yang di upload maksimal hanya 10 detik saja.

Kesimpulan

Berdasarkan penjabaran diatas dan berdasarkan pengalaman penulis maka apapun media sosial baik itu Facebook maupun Instagram keduanya dapat tergolong efektif sebab keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing sehingga efektif atau tidaknya tergantung dari diri kalian masing – masing, sejauh mana Anda dapat menutupi kekurangan yang ada dengan memanfaatkan kelebihan dan kemampuan kita masing – masing. Pilihlah media sosial yang menurut Anda sesuai dengan apa yang Anda tawarkan, selain itu juga perhatikan media sosial apa yang paling banyak di gunakan oleh target pasar dari bisnis Anda.

Oleh: Nuraini Anitasari

Facebook Comments

No Replies on PROMOSI DI FACEBOOK VS PROMOSI DI INSTAGRAM, EFEKTIF MANA?

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>