News: Pernyataan Zahir terkait Covid 19

PENTINGNYA LAPORAN KEUANGAN DALAM PERTUMBUHAN BISNISMU 9 bulan ago

Apa itu laporan keuangan?

Sebagai pengusaha yang ingin bisnisnya tumbuh dengan baik dalam waktu yang lama, pastinya kamu mempunyai strategi yang berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis kamu. Namun, tahukah kamu bahwa Laporan Keuangan juga mempunyai peran penting dalam meningkatnya pertumbuhan bisnismu? Mungkin sebagian dari pengusaha khususnya yang baru memulai bisnis, masih belum mengetahui apa itu Laporan Keuangan.

Secara garis besar, Laporan Keuangan adalah laporan yang berisi data-data informasi keuangan suatu perusahaan yang dibuat secara detail dan akurat dalam suatu periode akuntansi yang berfungsi untuk mendeskripsikan tingkat kinerja suatu perusahaan. Dalam menyusun laporan keuangan terdapat 3 komponen utama yang saling berpengaruh satu sama lain, yaitu Laporan Laba Rugi, Laporan Neraca dan Laporan Arus Kas. 

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa laporan keuangan mempunyai peran penting dalam bisnis kamu yang tidak bisa dilewatkan. Dari laporan keuangan kamu dapat melihat bagaimana kondisi atau keadaan bisnis kamu dalam periode waktu tertentu khususnya keadaan keuangan bisnis kamu. Jika kamu tidak mempunyai laporan keuangan dalam menjalankan bisnis, kamu akan kesulitan dalam melihat kondisi bisnis yang kamu jalani.

Peran penting laporan Keuangan dalam bisnis

Laporan keuangan merupakan dokumen penting bagi kamu untuk melihat apakah kondisi bisnis kamu berjalan dengan baik atau tidak. Jika laporan keuangan menunjukan hasil yang baik maka kamu bisa membuat terobosan baru dalam meningkat keuntungan bisnis kamu. Lain halnya jika laporan keuangan menunjukan hasil yang tidak baik maka kamu harus membuat antisipasi agar bisnis kamu tidak mengalami kerugian. 

Peran penting laporan keuangan tidak hanya berpengaruh bagi bisnis kamu tetapi juga berpengaruh pada pihak-pihak lain. Dibawah ini adalah alasan kenapa laporan keuangan mempunyai peran penting dalam pertumbuhan bisnis kamu :

 

  • Memberi informasi mengenai kondisi tumbuh kembang bisnis

 

Banyak dari para pengusaha yang mengabaikan laporan keuangan dan mengira kalau pertumbuhan bisnisnya baik-baik saja bahkan tanpa disadari ternyata pertumbuhan bisnisnya tidak sesuai ekspektasi. Namun, melalui laporan keuangan kamu dapat melihat bagaimana bisnis kamu tumbuh berkembang dari awal hingga sekarang. Dari laporan keuangan kamu juga dapat mengetahui bagaimana kamu mengelola bisnis dan bagaimana kinerja bisnis kamu selama ini. Bukan hanya itu, kamu juga bisa memperhitungkan berapa banyak keuntungan yang sudah kamu dapatkan dari awal kamu memulai bisnis hingga sekarang. Dengan laporan keuangan kamu juga bisa melihat apakah bisnis kamu terus bertumbuh dengan baik atau tidak.

 

  • Memberikan informasi mengenai aset bisnis

 

Apa kamu tahu apa saja yang menjadi aset bisnismu? Seberapa banyak aset bisnis yang kamu punya? Bagaimana kamu memantau asset bisnismu? 

Dengan laporan keuangan pertanyaan diatas akan terjawab dengan baik dan akurat. Kamu dapat mengetahui apa-apa saja yang menjadi aset bisnismu. Kamu juga dapat mengetahui seberapa banyak asset bisnis yang kamu punya walaupun aset bisnis yang kamu miliki hanya benda kecil namun benda kecil tersebut tetap harus dicatat sebagai aset bisnismu. Melalui laporan keuangan kamu juga dapat memantau aset bisnis kamu secara berkala dan real time. Kamu tidak perlu khawatir lagi mengenai asset bisnismu karena laporan keuangan akan mengobati rasa khawatirmu.

 

  • Memberikan informasi kepada Pihak Manajemen

 

Pihak-pihak yang ada di manajemen bisnismu pasti ingin mengetahui sejauh mana pertumbuhan bisnismu. Maka dari itu laporan keuangan berperan penting dalam memberikan informasi mengenai bagaimana dan sampai sejauh mana pertumbuhan bisnismu. Melalui laporan keuangan pihak manajemen dapat memberikan kritik atau saran yang dapat membantu dan membangun pertumbuhan bisnismu. Laporan keuangan juga menjadi penilai bagi pihak-pihak di manajemen apakah pertumbuhan bisnis berjalan dengan baik atau tidak.

 

  • Alat untuk mencari investor

 

Keberadaan laporan keuangan sangat penting bagi kamu yang ingin mencari modal tambahan untuk pertumbuhan bisnismu. Melalui laporan keuangan investor dapat mengetahui dan memberikan penilaian bagaimana kamu mengelola bisnis kamu dan sejauh mana perkembangan pertumbuhan bisnis kamu selama ini. Jika hasil dari laporan keuangan kamu menunjukan hasil yang baik, memuaskan dan menunjukan keuntungan yang sesuai dengan ekspektasi maka investor tidak akan ragu untuk bekerjasama dan menanamkan modalnya.

Selain itu, melalui laporan keuangan investor dapat mengetahui apakah dana yang telah diberikan digunakan secara tepat dan akurat. Inilah peran penting laporan keuangan dalam mencari investor, tanpa adanya laporan keuangan kamu akan sangat sulit untuk bisa mencari investor dan mengembangkan bisnismu ke depan. Laporan keuangan juga berperan dalam meningkatkan kepercayaan investor, semakin baik laporan keuangan bisnismu maka rasa kepercayaan investor terhadap bisnismu akan semakin meningkat begitu pula dengan sebaliknya. 

 

  • Berperan dalam pengambilan keputusan

 

Bisnis yang kamu jalani tidak selalu dalam situasi dan kondisi yang sama setiap saat. Melalui laporan keuangan kamu dapat melihat apakah bisnis kamu mendapatkan keuntungan atau melebihi target yang kamu perkirakan. Kamu dapat membuat keputusan dengan menaikan target dari yang sebelumnya atau mempertahankan keuntungan yang ada saat ini. Namun beda halnya jika laporan keuangan bisnis kamu menunjukan kerugian, maka kamu harus membuat keputusan berupa kebijakan untuk mengantisipasi agar bisnis kamu tidak mengalami kerugian yang lebih parah atau bahkan mengalami kebangkrutan. Inilah peran penting laporan keuangan dalam pertumbuhan masa depan bisnis kamu.

 

  • Untuk melihat biaya yang sudah dikeluarkan

 

Dari laporan keuangan, kamu dapat melihat biaya-biaya yang sudah kamu keluarkan dalam menjalankan bisnis kamu. Segala biaya yang kamu keluarkan wajib dicatat dengan benar agar kamu dapat mengetahui berapa biaya yang telah kamu keluarkan per hari/ bulan/ tahun. Biaya-biaya yang tercatat dalam laporan keuangan akan menjadi acuan dalam menentukan harga produk bisnis kamu. Tanpa laporan keuangan kamu akan kesulitan dalam menentukan berapa harga produk yang akan kamu jual. Jika kamu salah menentukan harga produk yang kamu jual, kamu akan mengalami kerugian dan pertumbuhan bisnis kamu akan terhambat.

 

  • Membuat inovasi baru dalam bisnis

 

Laporan keuangan juga berperan dalam memperlihatkan bagaimana perjalanan bisnis kamu selama ini. Maka kamu dapat menjadikan laporan keuangan sebagai patokan dalam menciptakan inovasi-inovasi baru baik itu untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Dari inovasi-inovasi yang telah kamu buat dapat berfungsi untuk mempertahankan bisnis kamu atau bahkan meningkatkan pertumbuhan bisnis kamu menjadi lebih baik untuk kedepannya.

 

  • Mengetahui kewajiban membayar pajak

 

Kamu gak mau kan pertumbuhan bisnis kamu terhambat karena urusan pajak yang belum selesai? Sebagai pengusaha, sangat penting buat kamu untuk membayar pajak secara berkala. Dengan adanya laporan keuangan kamu akan dapat menghitung dan mengetahui berapa jumlah pajak yang wajib untuk dibayarkan. Selama laporan keuangan kamu dibuat dengan baik dan benar, kamu gak perlu takut lagi jika ada oknum nakal yang bohong atau menaikan nominal pajak pada saat kamu ingin membayar pajak.

 

  • Memberikan informasi mengenai hutang bisnis

 

Apa kamu tahu berapa hutang bisnismu? Apa kamu sudah membayar hutang bisnismu?

Laporan keuangan tidak hanya memperlihatkan keuntungan atau kerugian dalam bisnis kamu tetapi juga memperlihatkan berapa nominal hutang bisnismu dan hutang apa saja yang sudah kamu bayarkan. Laporan keuangan berperan penting dalam berhutang karena didalam laporan keuangan terdapat informasi kapan jatuh tempo hutang yang kamu miliki dan kamu harus bayarkan.  Tentu kamu gak mau pertumbuhan bisnis kamu terhambat karena belum bayar hutang kan?

 

  • Evaluasi

 

Melalui laporan keuangan kamu bisa mengevaluasi bisnis yang kamu jalani. Bagaimana bisnis kamu tumbuh, apa saja yang harus dikembangkan, apa saja yang harus diperbaiki dan lainnya yang bisa kamu lihat melalui laporan keuangan. Tanpa adanya laporan keuangan, kamu akan kesulitan dalam mengevaluasi pertumbuhan bisnis kamu. Dengan laporan keuangan kamu bisa membuat segala perencanaan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis kamu kedepannya.

Laporan keuangan berperan penting dalam segala aspek pertumbuhan bisnis kamu. Tanpa adanya laporan keuangan kamu tidak akan tahu sampai sejauh mana bisnis kamu tumbuh dan bagaimana kamu menghadapi segala hambatan yang ada di depan. Mulailah dengan membuat laporan keuangan secara akurat dan terperinci dengan menggunakan software yang dapat membantu kamu dalam mencatat setiap asset, biaya, hutang dan lainya secara terperinci agar terciptanya laporan keuangan yang kamu inginkan.

Zahir Online merupakan software akuntansi atau aplikasi yang berpengalaman lebih dari 20 tahun dan dapat membantu kamu dalam menginput segala data-data atau informasi keuangan bisnis kamu agar terciptanya laporan keuangan yang cepat, tepat dan akurat. Berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan Zahir Online, salah satu diantaranya kamu dapat memantau laporan keuangan kamu secara berkala. 

Bukan hanya itu, Zahir Online juga memiliki fitur yang dapat membantu kamu untuk memantau inventory antar cabang dan menjamin keamanan data keuangan bisnis kamu. Zahir Online juga sudah dipakai oleh ribuan perusahaan dan kamu juga akan mendapatkan layanan customer care serta pelatihan. Cukup dengan 1 kali klik, kamu akan mendapatkan informasi detail mengenai Zahir Online dan juga FREE TRIAL-nya:

https://www.zahironline.com/

Ayoo hempaskan sekarang semua masalah bisnis kamu dengan 1 kali klik dan dapatkan FREE TRIAL-nya. 

Sumber : 

https://pengertiandefinisi.com/pengertian-laporan-keuangan-dan-fungsinya-dalam-perusahaan/

https://solusiukm.com/10-alasan-pentingnya-laporan-keuangan-bagi-perusahaan-dan-bisnis/

https://pengertiandefinisi.com/pengertian-laporan-keuangan-dan-fungsinya-dalam-perusahaan/

Facebook Comments

No Replies on PENTINGNYA LAPORAN KEUANGAN DALAM PERTUMBUHAN BISNISMU

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Berpengalaman lebih dari 24 Tahun
menangani lebih dari 100ribu perusahaan

Kelola akuntansi, penjualan, pembelian, inventory, tagihan, kasir, laporan keuangan, analisa bisnis dan lainnya di Zahir

Coba gratis, tanpa syarat

close-link