News: Pernyataan Zahir terkait Covid 19

Membangun Brand Melalui Internet Marketing 3 tahun ago

membangun brand melalui internet marketing

Sebelum kita membahas bagaimana membangun brand melalui internet marketing, tentunya kita harus paham dulu apa itu brand dan apa itu internet marketing.

Menurut wikipedia brand itu diartikan sebagai berikut ini :

“A brand is a name, term, design, symbol, or other feature that distinguishes an organization or product from its rivals in the eyes of the customer. Brands are used in business, marketing, and advertising”.

Jadi menurut wikipedia, brand (merk) itu diartikan sebagai sebuah nama, istilah, desain, simbol atau fitur lain yang membedakan sebuah organisasi atau produk dari pesaingnya dimana pelanggan, dan brand ini biasanya digunakan dalam dunia bisnis, pemasaran juga dalam dunia periklanan.

Dari devinisi di atas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa brand atau kita sebut juga sebagai merk, adalah satu hal yang sangat penting, karena brand ini adalah sebuah identitas bagi sebuah orgaisasi atau produk, dimana semakin baik brandnya maka akan semakin baik pula pandangan terhadap suatu organisasi atau produk di mata pelanggannya.

Lalu bagaimana dengan pengertian internet marketing, masih dari sumber yang sama yaitu dari wikipedia bahwa internet marketing adalah “segala upaya yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media elektronik atau Internet”.

Jadi maksud dari internet marketing adalah si pemilik usaha, melakukan sebuah proses pemasaran dengan menggunakan media yang berbasis internet, dimana memang saat ini, media internet adalah salah satu media yang sangat diminati oleh pemilik usaha untuk memasarkan produk yang dihasilkan, karena selain sangat menghemat waktu tentunya juga akan sangat menghemat dari sisi biaya.

Selanjutnya, setelah kita memahami arti dari brand dan internet marketing, sekarang kita akan belajar bagaimana membangun barang yang kita punya tentunya dengan internet marketing.

Untuk membangun brand melalui internet marketing, kita bisa memanfaatkan berbagai media yang berbasis internet untuk pemasaran, semakin banyak media yang berbasis internet digunakan maka akan semakin baik brand yamg dimiliki tentunya dengan harus dengan cara yang baik juga, yuks kita simak satu satu seperti apa media yang berbasis internet yang bisa dimanfaatkan untuk membangun brand tersebut.

  1. Media Sosial
    Yang pertama adalah media sosial, kita semua tau bahwa saat ini ada begitu banyak jenis media sosial yang ada seperti facebook, twitter, instagram, g+ dan banyak lagi yang lainnya, dari sekian banyak media sosial, kita bisa mengambil kesempatan untuk ikut serta aktif di media sosial tersebut, karena saat ini media sosial adalah tempat terbaik untuk melakukan internet marketing karena kita ketahui bersama bahwa penikmat media sosial ada dari semua golongan sehingga kita bisa dengan mudah mengangkat branding yang dimiliki tampa harus mengelarkan energi lebih.
  2. Website
    Saat ini website adalah sesuatu yang wajib dimiliki oleh para pelaku usaha, website tentu harus berisi profile usaha, mulai dari nama perusahaan, nama atau jenis produk hingga testimoni customer yang sudah pernah menikmati produk yang disediakan, dari website ini, orang akan bisa menilai baik dan buruknya sebuah brand yang dimiliki oleh sebuah pelaku usaha, semakin real isi website dengan kenyataan maka semakin tinggi posisi branding di mata customer ataupun calon customer.Untuk menarik minat pembaca, pelaku usaha dituntut membuat design website semenarik mungkin dan tidak membosankan, dan untuk menyebarluaskan website inipun, pelaku usaha bisa memanaatkan media sosial sebagai alat melakukan penyebaran informasi dari website yang telah di buat.
  3. Blog
    Blog juga menjadi salah satu media terbaik yang umumnya digunakan pelaku usaha tidak hanya untuk memasarkan produknya dengan brand yang dimiliki, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk berbagi ilmu, tips dan trik terkait usaha yang dilakukannya, dengan begitu orang akan jauh lebih percaya kepada pelaku usaha yang aktif dan responsif terhadap orang yang melihat blog tersebut.
  4. Youtube channelAnda mungkin tidak begitu percaya diri berada di depan kamera, sekalipun itu hanya sebuah kamera handphone, tapi demi membangun branding yang kuat, Anda bisa memanfaatkan youtube channel sebagai media sosialisasi ataupun media pemasaran digital yang efektif, jika tadi Anda membuat blog hanya dengan tulisan dan gambar, namun dengan media youtube, orang lain akan mendapatkan lebih, tidak hanya sekedar isi materinya saja, namun juga akan lebih yakin karena orang lain bisa melihat langusng siapa yang berbicara dan tentunya Anda harus konsisten untuk terus mengisi materi pada youtube channel Anda.
  5. Forum Diskusi
    Aktif di forum-forum diskusi online yang membahas segala sesuatu yang berkaitan dengan bisnis Anda tentunya akan sangat baik bagi pertumbuhan branding yang Anda miliki, Anda bisa menganalkan brand yang Anda miliki disetiap diskusi forum tersebut, semakin Anda aktif, maka akan semakin besar kesempatan Anda untuk terus membangun brand Anda.

Jika kelima point di atas bisa Anda lakukan, maka bersiaplah untuk menerima hasil yang positif, brand Anda akan dikenal banyak orang, produk Anda akan diingat banyak orang dan tentunya hasil akhirnya adalah sebuah brand yang akan terpatri disetiap kepala orang yang melihat, mendengan dan menggunakan produk yang Anda miliki, dan ini tentunya adalah sebuah kemenangan besar dalam hidup Anda.

 

Oleh : Syaiful Amri

 

Daftar pustaka,
https://en.wikipedia.org/wiki/Brand
https://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran_Internet
https://digitalmarketer.id/mindset/10-strategi-efektif-untuk-membangun-brand-untuk-bisnis-online/

Facebook Comments

No Replies on Membangun Brand Melalui Internet Marketing

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>