News: Pernyataan Zahir terkait Covid 19

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang yang Simpel 3 tahun ago

contoh laporan keuangan perusahaan dagang yg simpel

Hi People,

Mungkin beberapa diantara kita ada yang ingin mempelajari dan memaMungkin beberapa diantara kita ada yang ingin mempelajari dan memahami bagaimana sih? Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang yang Simpel.hami bagaimana sih? Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang yang Simpel.

Penasaran, kan bagaimana sih bentuk laporan keuangan perusahaan dagang itu. Alangkah baiknya kita memahami dulu definisi perusahaan dagang, manufaktur dan jasa Agar lebih mudah untuk dipahami.

Perusahaan Dagang adalah Perusahaan yang kegiatan usahanya ialah membeli barang jadi untuk di jual kembali contoh toko sembako/ Koperasi.

Perusahaan Manufaktur adalah perusahaan yang kegiatan usahanya ialah mengolah bahan baku (mentah) menjadi bahan jadi contohnya Butik/Konveksi.

Perusahaan Jasa adalah perusahaan yang kegiatan usahanya adalah menjual sesuatu yang tidak wujud secara nyata Contohnya: Sertifikasi, Bimbel.

Jadi, Perbedaan antara Perusahaan Dagang, Manufaktur (Produksi), dengan Jasa adalah:

Persamaan keduanya dalam kegiatan akuntansi adalah sama – sama memiliki persediaan barang dagangan, tetapi yang membedakan adalah :

1. Dalam Perusahaan Manufaktur ada yang disebut dengan persediaan bahan baku, persediaan dalam proses, dan persediaan barang.
2. Sedangkan, Perusahaan Dagang hanya memiliki Persediaan Barang,
3. Begitupun Perusahaan Jasa tidak memperoleh persediaan barang.

Untuk mempermudah pemahaman kita dalam pembuatan laporan. Berikut ini adalah Contoh Laporan Keuangan Perusahaan dagang:

Syarat laporan keuangan yang baik harus memiliki kriteria sebagai berikut:

  1. Relevan, artinya bahwa informasi yang dibuat harus ada hubungan dengan pihak-pihak yang memerlukan untuk mengambil keputusan.
  2. Mudah dipahami, artinya bahwa laporan keuangan disusun berdasarkan secara jelas dan mudah dipahami oleh para pemakainya.
  3. Objektif, artinya bahwa laporan keuangan disajikan bersifat umum dan tidak memihak pada kepentingan pemakai tertentu.
  4. Daya banding, artinya bahwa perbandingan laporan keuangan dapat diadakan baik antara laporan perusahaan dalam tahun tertentu dengan tahun sebelumnya atau laporan keuangan perusahaan tertentu dengan perusahaan lain pada tahun yang sama.
  5. Aktual, artinya bahwa laporan keuangan yang disusun berdasarkan konsep-konsep dasar akuntansi dan prinsip-prinsip akuntansi yang dianut sehingga dapat diuji kebenarannya.
  6. Lengkap, artinya bahwa laporan keuangan yang disusun harus memenuhi kriteria  dan tidak menyesatkan pembaca.

Pada sistem akuntansi mereka itu akan terlihat hanya pada bagian persediaan dan pembelian saja. Berbeda dengan perusahaan jasa yang tidak memiliki persediaan barang dan Harga Pokok Penjualan (HPP). Dapat dilihat dari tabel dibawah ini:

Sistem Akuntansi :

  1. Perusahaan dagang terdiri dari persediaan barang dagangan, pembelian, dan harga pokok penjualan (HPP).
  2. Perusahaan manufaktur terdiri dari persediaan batang baku, persediaan dalam proses produksi, persediaan bahan pembantu, persediaan barang jadi, pembelian, harga pokok penjualan (HPP), dan terdapat akuntansi biaya.
  3. Perusahaaan jasa terdiri dari tidak memiliki persediaan barang dan tidak memiliki harga.

Software Zahir Accounting merupakan sarana terbaik untuk membuat dan menganalisis laporan keuangan dengan cepat dan mudah. Dengan cara menghubungi Direct marketing & WhatsApp : 08119866999, Office : (021) 7197766. Sumber : https://zahiraccounting.com/id/

Mungkin sekian artikel yang dimuat, semoga kita dapat memahami konsep-konsep  serta cara pembuatan laporan keuangan perusahaan dagang yang simpel. Dan menjadi wawasan ilmu pengetahuan buat kita semua. Terima kasih.

Penulis : Karis Purwamufidah Hardiyanto

Facebook Comments

This entry has 11 replies

makasih, bermanfaat infonya. lumayan buat contekan wkwkw

Terimakasih bermanfaat sekali informasinya untuk memudahkan dalam penggunaan akuntansi 🙏🙏

tulisan ini sangat membantu kami mahasiswa dr Uin jakarta yg memang kebetulan di bidang keekonomian, untuk menambah pengetahuan ilmu dan referensi

Bagus artikelnya, bisa bermanfaat banget buat yang mau bikin laporan keuangan, terutama buat yang belum tau laporan keuangan itu kayak apa, baguss

Tks kepada penulis yg materinya sangat simple dn applicable untuk digunakan buat wirausaha, pelaku bisnis, UMKM, supaya bisa lebih berkembang..

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>