News: Pernyataan Zahir terkait Covid 19

INILAH CARA MENGEMBANGKAN BISNIS DENGAN MEMAKSIMALKAN FUNGSI BLOG 3 tahun ago

MENGEMBANGKAN BISNIS DENGAN MEMAKSIMALKAN FUNGSI BLOG

Blog adalah sebuah website atau media pada internet yang dapat bersifat personal maupun bisa di miliki oleh suatu komunitas atau perusahaan. Secara umum blog tidak memiliki isi yang khusus sebab isi blog tergantung dari pemiliknya.

Tidak dapat di pungkiri bahwa sebuah blog yang terkenal biasanya akan mengandung isi yang menarik bagi para pengguna internet lainnya yang umumnya berisi mengenai keseharian, ulasan atau bahkan mengenai suatu usaha atau bisnis.

Salah satu kegiatan ekonomi yang sering di lakukan oleh masyarakat Indonesia yaitu adalah membuka bisnis atau usaha secara mandiri. Banyak para pebisnis atau pengusaha dari Indonesia yang sukses dalam bisnis dan berhasil menginspirasi orang banyak akibat dari daya kreatif mereka yang tinggi serta keinginan agar dapat mandiri.

blog

Mengembangkan Bisnis dengan Memaksimalkan Blogging

Source Gambar: weblistr

Pada zaman modern seperti saat ini, untuk memajukan bisnis tidak hanya di lakukan dengan cara yang kuno seperti melakukan promosi melalui radio atau koran melainkan sudah dapat di lakukan memlalui media internet dengan memanfaatkan blog ataupun media sosial yang lainnya.

Lalu, bagaimana cara agar dapat mengembangkan bisnis dengan menggunakan blog?

 Berikut ini akan kita bahas mengenai bagaimana cara agar dapat mengembangkan bisnis dengan memaksimalkan fungsi dari blog. Berikut ulasannya.

Isi Blog dengan Produk

Langkah awal yang harus Anda lakukan agar dapat mengembangkan bisnis dengan menggunakan blog yaitu mengisinya dengan produk atau konten lain yang relevan dengan bisnis Anda. misalnya saja apabila Anda berjualan pakaian maka Anda dapat menyediakan konten yang berisi mengenai pengenalan produk atau bahkan promo berupa diskon dan lain sebagainya.

Tampilkan secara detail produk yang ingin Anda tawarkan kepada para calon pembeli Anda dengan mencantumkan detail produk. Selanjutnya Anda juga harus sering – sering update mengenai produk Anda supaya masyarakat bisa semakin mudah untuk mengetahui bisnis Anda serta produk – produk yang Anda tawarkan melalui website yang telah Anda ciptakan.

Apabila Anda seorang pebisnis yang bergerak di dalam bidang jasa maka Anda juga harus menjelaskan secara singkat – padat – jelas mengenai jasa seperti apa yang Anda tawarkan, lalu cara promosi yang dapat Anda terapkan yaitu dengan mencantumkan ulasan atau testimonial dari para klien Anda yang pernah menggunakan jasa yang Anda tawarkan.

Semakin banyak testimonial positif yang Anda tampilkan pada website atau blog Anda maka akan semakin banyak pula orang yang percaya terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Profesional dalam Bekerja

 Fungsi lain dari blog dalam bisnis selain untuk melakukan pembelian atau pelayanan yaitu untuk memaksimalkan pekerjaan agar lebih professional. Untuk dapat lebih professional dalam bekerja maka Anda juga harus rutin dalam mengontrol blog tersebut serta harus dapat melayani konsumen dengan baik sehingga akan menimbulkan nilai positif pada bisnis Anda.

Apabila Anda tidak bisa menghandle pelanggan Anda sendiri maka Anda bisa mencari orang yang dapat mengisi bagian sebagai customer service sebab bekerja melalui media internet tentunya tidak selalu membuat Anda bisa bertatap langsung dengan para pelanggan Anda

Rutin Memberikan Konten

 Berbeda dengan melakukan promosi pada media konvensional seperti televisi dan radio, yang mana Anda harus membayarnya sehingga mereka akan mengiklankan produk atau jasa yang ingin Anda tawarkan. Namun berbeda dengan cara kerja dari blog yaitu Anda harus dapat memberikan konten blog secara rutin dan juga relevan dengan bisnis Anda.

Apabila Anda membuatnya dengan benar maka pada saat orang lain mencari keyword yang relevan dengan bisnis Anda maka website Anda akan tampil pada urutan pertama pada mesin pencari.

Supaya hal ini dapat berjalan dengan baik maka tentunya Anda harus menggunakan kata kunci yang tepat pada konten Anda dan memaksimalkan konten yang Anda buat dengan mengoptimasi website Anda tersebut.

Selain itu Anda juga harus konsisten dalam memanfaatkan blog Anda. Apabila Anda telah berniat mengubah website Anda untuk di gunakan sebagai promosi bisnis maka jangan merubah isi konten Anda menjadi daily blog seperti blog pada umumnya.

Memberikan Kolom Komentar atau Tombol untuk Mengirim Pesan

 Tentunya pada saat Anda mengubah website Anda sebagai media untuk membantu dalam mengembangkan bisnis Anda maka pasti akan banyak pengunjung yang ingin bertanta atau sekadar untuk memastikan apakah produk yang Anda tawarkan dalam status ready atau tidak. Apabila bisnis yang Anda jalankan bergerak dalam bidang ajsa maka para calon klien juga akan mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan proyek atau transaksi bisnis lainnya.

Biasanya mereka enggan apabila langsung bertanya langsung melalui nomor kontak yang telah di sediakan pada blog. Namun demikian, tetaplah terdapat perbedaan antara kolom chat dengan komentar yaitu “privasi” yang di miliki oleh konsumen dan Anda sebagai pemilik usaha. Sehingga cobalah untuk mengarahkan mereka untuk menghubungi contact person apabila terdapat pertanyaan yang mendetail.

Input Artikel atau Berita Promo Lainnya

 Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya bahwa blog merupakan salah satu media pada internet yang berfungsi sebagai alat penyebaran informasi. Maka dari itu cobalah untuk menyertakan artikel atau berita promo atau informasi yang berhubungan dengan jasa maupun produk Anda supaya mereka yang mulanya tidak mengetahui mengenai produk atau jasa yang Anda tawarkan bisa menjadi tahu terutama mengenai kualitas dan lain sebagainya.

Oleh: Nuraini Anitasari

Facebook Comments

No Replies on INILAH CARA MENGEMBANGKAN BISNIS DENGAN MEMAKSIMALKAN FUNGSI BLOG

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>