News: Pernyataan Zahir terkait Covid 19

Ingin Bisnis Anda Sukses di Tahun 2017? 6 Strategi Bisnis Ini Bisa Membantu Anda 4 tahun ago

Strategi-2017

Ingin Bisnis Anda Sukses di Tahun 2017? 6 Strategi Bisnis Ini Bisa Membantu Anda

Setiap tahun, dinamika bisnis menjadi satu hal yang bisa mengejutkan Anda. Tahun 2016 misalnya, kita melihat beragam peristiwa di dunia bisnis yang beberapa diantaranya membuat Anda terperangah. Di tahun tersebut, banyak perusahaan yang memanfaatkan peluang dan momentum sehingga mereka bisa meraih kesuksesan, contohnya adalah Gojek.

Perusahaan milik Nadiem Makarim ini mampu berkembang sedemikian besar sehingga menarik investor-investor besar untuk menanam dana di perusahaannya. Lalu, apa yang membuat Gojek dapat sukses dan berkembang dengan cepat ? Jawabannya adalah strategi bisnis yang tepat.

Menjalankan bisnis sendiri ibarat Anda menangani sebuah tim dalam sebuah kompetisi. Perlu strategi bisnis khusus yang dilakukan untuk tetap bertahan di dalam kompetisi dan memenangkannya. Strategi bisnis adalah salah satu hal penting yang perlu dipikirkan secara matang oleh setiap pebisnis dan entrepreneur ketika menjalankan perusahaannya. Salah menetapkan strategi akan membuat perusahaan Anda tertinggal atau lebih buruknya adalah mengalami kebangkrutan. Menyongsong tahun 2017, tentunya Anda pun harus mulai mempersiapkan strategi bisnis yang tepat mulai dari sekarang.

Kami telah merangkum 6 strategi bisnis jitu yang bisa Anda ikuti. 6 strategi bisnis yang kami rangkum ini adalah hasil refleksi dinamika bisnis di tahun 2016 dan prediksi di tahun 2017. Berikut adalah 6 strategi bisnis yang dapat membantu kesuksesan bisnis Anda di tahun 2017.

  1. Menetapkan Tujuan Bisnis yang Jelas

Setiap bisnis memerlukan tujuan karena itu pembahasan dimulai dari aspek-aspek dasar penentuan tujuan organisasi. Tujuan (goals) merupakan target kinerja, yang menjadi alat ukur keberhasilan atau kegagalan kinerja perusahaan sesuai sasaran yang diharapkan dan direncanakan. Sebuah perusahaan akan berfungsi secara sistematis apabila perusahaan tersebut telah menetapkan tujuan/goals dan rencana strategis terlebih dahulu.

business goal

Penentuan tujuan dapat memberi arah dan panduan bagi para karyawan di semua tingkatan manajemen. Apabila semua karyawan sampai tingkat yang paling bawah mengetahui dengan jelas apa yang ingin dicapai perusahaan maka lebih kecil kemungkinan akan terjadi kesalahan-kesalahan dalam pengambilan keputusan. Tentunya hal ini perlu dipikirkan secara serius jika Anda ingin menyusun strategi bisnis di tahun 2017.

  1. Berinovasi Terhadap Produk

Produk adalah senjata utama Anda untuk dapat sukses. Oleh karenanya, melakukan inovasi terhadap produk perlu Anda lakukan. Inovasi merupakan strategi melahirkan sesuatu yang baru yang berbeda dari apa yang telah dimunculkan sebelumnya. Di dalam mengelola sebuah layanan jasa atau menghasilkan produk usaha, inovasi menjadi unsur yang penting agar terjadi kedinamisan selera konsumen. Produk yang Anda buat harus memiliki kebermanfaatan yang tepat untuk konsumen Anda.

Menghasilkan produk atau layanan yang monoton membuat sebagian konsumen akan merasa bosan, terlebih produk atau layanan sebelumnya memiliki banyak kekurangan. Jangan mengabaikan saran, masukan dan bahkan kritik terhadap produk Anda. Karena dari situ Anda, dapat menemukan racikan inovasi yang tepat untuk produk Anda.

  1. Membangun Kemitraan yang Baik

Membentuk sebuah kemitraan mungkin terdengar sangat sederhana jika Anda menemukan seseorang yang juga tertarik dalam membangun bisnis. Namun, sebenarnya terdapat hal-hal yang rumit dalam membuat sebuah kemitraan. Sebesar dan sehebat apapun perusahaan, ia tidak akan dapat berdiri sendiri tanpa adanya mitra bisnis yang hebat. Membangun hubungan kemitraan dengan pemasok, relasi bahkan pesaing adalah sesuatu yang baik untuk bisnis Anda.

business partnership

Di tahun 2016, kita melihat banyak perusahaan-perusahaan yang membangun kemitraan dengan perusahaan lain dari berbagai bidang. Dari kemitraan tersebut terbangun rantai bisnis yang kuat dan membuahkan kesuksesan. Membangun kemitraan bisnis yang kuat dimulai dari membangun hubungan baik antara anda dan perusahaan yang mendukung bisnis Anda. Kemitraan tidak akan berhasil jika Anda tidak memiliki kepentingan dan tujuan bersama. Setiap mitra dalam kemitraan memiliki kemampuan dan kontribusi bagi keberhasilan bisnis. Hal ini penting untuk membangun peran bisnis dalam rangka untuk memaksimalkan kekuatan masing-masing perusahaan.

  1. Menetapkan Segmentasi Pasar yang Tepat

Strategi bisnis berikutnya yang perlu Anda terapkan dalam menyongsong tahun 2017 adalah menetapkan pasar. Segmentasi pasar sangatlah penting dalam bisnis dan pemasaran. Dalam menetapkan segmentasi pasar, Anda disarankan untuk tidak mengiris pasar terlalu kecil. Hal ini dikarenakan segmentasi pasar tetaplah suatu hal yang harus dipelajari dalam membangun usaha. Pengertian segmentasi pasar sebagai suatu strategi bisnis tidaklah semata dilakukan dengan membedakan produk atau bahkan menciptaka produk baru, tetapi berdasarkan pada perbedaan minat dan kebutuhan konsumen.

  1. Menjalin Hubungan Baik dengan Konsumen

Hal penting lain yang harus Anda perhatikan sebagai strategi bisnis Anda adalah menjalin hubungan yang baik dengan konsumen. Slogan Konsumen adalah Raja mungkin terdengar agak ekstrim bagi Anda, tetai ini merupakan pernyataan yang tepat. Tanpa konsumen bisnis Anda tidak akan berjalan dengan baik, karena itulah Anda harus memperlakukan konsumen Anda dengan sebaik-baiknya. Untuk menjalin hubungan baik dengan konsumen, Anda harus berkomuniksi dan menghubngi mereka, baik itu untuk meminta kritik dan saran untuk produk yang telah mereka beli atau untuk memberi kabar promosi terbaru yang Anda lakukan.

  1. Bersahabat dan Memanfaatkan Teknologi

Salah satu hal di tahun 2016 yang sangat diperhatikan banyak pebisnis dan entrepreneur adalah perubahan teknologi. Pebisnis yang paham akan perubahan tentu akan selalu mengaitkan unsur perubahan yang paling dimensif, yaitu teknologi. Seperti yang kita ketahui, inovasi di bidang teknologi di tahun 2016 adalah hal yang sangat menentukan kesuksesan sebuah bisnis. Kisah sukses Gojek yang kami sebutkan sebelumnya adalah salah satu kisah sukses perusahaan yang mampu bersahabat dan memanfaatkan teknologi. Kisah sukses tersebut tentunya bisa Anda dapatkan untuk perusahaan Anda sendiridi tahun 2017 jika perusahaan Anda dapat beradaptasi dan memanfaatkan teknologi yang ada. Salah satunya adalah menggunakan software akuntansi Zahir Online. Software ini dirancang khusus untuk memudahkan pengelolaan, monitoring dan evaluasi keuangan perusahaan.

Facebook Comments

One Reply on Ingin Bisnis Anda Sukses di Tahun 2017? 6 Strategi Bisnis Ini Bisa Membantu Anda

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>