News: Pernyataan Zahir terkait Covid 19

CARA MUDAH MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN UNTUK UKM 1 bulan ago

Apa yang dimaksud Laporan Keuangan?

Sebelum kita membahas apa yang dimaksud dengan laporan keuangan, apa kamu sudah tahu pengertian dari UKM?. UKM atau kepanjangannya Usaha Kecil Menengah adalah suatu jenis usaha yang didirikan oleh seseorang atau badan usaha yang kekayaannya termasuk dalam kategori kecil dan menghasilkan total kekayaan Rp. 200.000.000 belum termasuk tanah dan bangunannya. 

Untuk kamu yang jenis usahanya termasuk dalam jenis UKM, sudah tahu mengenai laporan keuangan belum? Pastinya bagi pengusaha yang baru memulai bisnis UKM belum tahu mengenai laporan keuangan. Laporan keuangan adalah laporan yang berfungsi sebagai alat yang memperlihatkan kondisi keuangan bisnis dan memperlihatkan sejauh mana kinerja bisnis kamu yang dibuat secara tepat dan akurat.

Sebelum membuat laporan keuangan, ini yang harus dipersiapkan

Beberapa pengusaha UKM belum familiar dengan laporan keuangan dan belum mengetahui caranya membuat laporan keuangan yang tepat dan akurat. Namun sebelum itu, kamu harus mempersiapkan hal-hal dibawah ini:

a. Memisahkan antara keuangan pribadi dengan usaha

Kesalahan yang sering dilakukan oleh pengusaha UKM adalah tidak memisahkan antara keuangan pribadi dengan usaha dan banyak yang beranggapan hal ini tidaklah penting. Keuntungan yang kamu dapatkan dari bisnis tidak bisa kamu nikmati secara menyeluruh, kamu harus membaginya untuk dapat digunakan kembali sebagai modal bisnis agar bisnis kamu dapat berkembang secara terus-menerus.

b. Mencatat setiap transaksi

Biasanya para beberapa pengusaha UKM sering menggabungkan dalam mencatat setiap transaksi yang sudah dilakukan, justru hal ini akan membuat laporan keuangan tidak tersusun dengan baik. Sediakan buku atau kamu dapat menggunakan excel untuk mencatat setiap transaksi yang sudah dilakukan. Lakukanlah pencatatan secara terpisah atau sesuai dengan jenis transaksinya agar dalam membuat laporan keuangan dapat tersusun dengan baik, contoh : data aset, data pendapatan, data beban atau biaya, data hutang dan piutang dan lain-lainnya.

c. Menghitung setiap transaksi pada akhir periode

Tentukanlah kapan kamu ingin menghitung setiap transaksi yang sudah tercatat, misalnya setiap setiap akhir bulan atau setiap akhir tahun. Jika sudah memasuki akhir periode yang sudah kamu tetapkan, maka mulailah menghitung setiap transaksi yang sudah dilakukan. Hal ini sangat membantu para pengusaha UKM dalam proses menyusun laporan keuangan.

Membuat laporan keuangan

Dalam proses membuat laporan keuangan untuk UKM terdapat 4 komponen utama yang harus dibuat yaitu:

a. Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi merupakan laporan yang berisi data-data penghasilan usaha, beban biaya dan laba atau rugi usaha kamu dalam waktu periode tertentu. Laporan laba rugi juga berfungsi dalam membuat keputusan yang berhubungan dengan bisnis kamu. Cara membuat laporan laba rugi cukup mudah, kamu hanya perlu memindahkan data pendapatan dan juga data beban atau biaya. Rumus dalam menghitung laba rugi usaha kamu yaitu:

 LABA/RUGI = PENDAPATAN – BEBAN atau BIAYA.

b. Laporan perubahan modal

Laporan perubahan modal berisi informasi mengenai modal usaha yang belum mengalami perusahaan sampai modal yang terpengaruh oleh laba atau rugi dari laporan laba rugi yang sudah dibuat sebelumnya. Cara membuat laporan perubahan modal pun tergolong cukup mudah yaitu dengan mengakumulasikan:

JUMLAH AWAL MODAL + JUMLAH LABA RUGI dari laporan laba rugi.

c. Laporan Neraca

Setelah membuat laporan laba rugi dan laporan perubahan modal, langkah selanjutnya adalah membuat laporan neraca. Laporan neraca merupakan laporan yang berisi mengenai informasi posisi keuangan perusahaan dalam suatu periode tertentu. Laporan neraca berisi informasi mengenai aset (aktiva), kewajiban (hutang) dan modal serta dalam menghitung laporan neraca harus balance (seimbang). Rumus dalam menghitung laporan neraca yaitu:

 ASET (AKTIVA) = KEWAJIBAN (HUTANG) + MODAL

d. Laporan Arus Kas

Laporan arus kas merupakan komponen dalam menyusun laporan keuangan yang harus dibuat oleh kamu. Dalam laporan arus kas berisi informasi mengenai masuk dan keluarnya kas dalam periode waktu tertentu. Cara membuat laporan keuangan pun cukup mudah dan tidak perlu rumus dalam membuatnya. Kamu hanya cukup memindahkan setiap kas yang masuk dan keluar dalam periode waktu tertentu saja.

Jika kamu sudah selesai membuat semua laporan di atas dengan baik, berarti kamu sudah selesai membuat laporan keuangan. Gimana? Mudah bukan? Bagi kamu yang baru memulai bisnis UKM tentunya masih agak sulit dalam membuat laporan keuangan dan hal itu merupakan hal yang wajar. 

Namun alangkah senangnya jika kamu bisa membuat laporan keuangan dengan software akuntansi tanpa harus mencatat di buku atau excel. Sehingga kamu tidak perlu khawatir apakah laporan keuangan yang sudah kamu buat sudah tersusun dengan baik atau belum. Carilah software akuntansi yang bisa memberikan kamu keuntungan yang berlimpah yang dibantu oleh tenaga profesional dibidangnya.

Zahir Online merupakan software akuntansi atau aplikasi yang berpengalaman lebih dari 20 tahun dan dapat membantu kamu dalam menginput segala data-data atau informasi keuangan bisnis kamu agar terciptanya laporan keuangan yang cepat, tepat dan akurat. Berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan Zahir Online salah satu diantaranya kamu dapat memantau laporan keuangan kamu secara berkala. 

Bukan hanya itu, Zahir Online juga memiliki fitur yang dapat membantu kamu untuk memantau inventory antar cabang dan menjamin keamanan data keuangan bisnis kamu. Zahir Online juga sudah dipakai oleh ribuan perusahaan dan kamu juga akan mendapatkan layanan customer care serta pelatihan. Cukup dengan 1 kali klik, kamu akan mendapatkan informasi detail mengenai Zahir Online dan juga FREE TRIAL-nya:

https://www.zahironline.com/

Tunggu apa lagi…  Hanya dengan 1 kali klik semua masalah bisnis kamu akan terpecahkan dan dapatkan FREE TRIAL-nya.

Sumber :

https://sleekr.co/blog/contoh-laporan-keuangan-ukm-laba-rugi-neraca-arus-kas-perubahan-modal/

https://tirto.id/kenali-perbedaan-ukm-dengan-umkm-dari-segi-omset-dan-aset-ev4x

https://www.cermati.com/artikel/cara-membuat-laporan-keuangan-sederhana-untuk-ukm

https://solusiukm.com/mudahnya-membuat-laporan-keuangan-sederhana-untuk-ukm/

https://idcloudhost.com/cara-membuat-laporan-keuangan-untuk-umkm-perusahaan-dan-usaha/

https://goukm.id/panduan-membuat-laporan-keuangan-untuk-usaha-mikro-dan-kecil-menengah-ukm/

https://www.bukukas.co.id/tips-membuat-laporan-keuangan-sederhana-untuk-umkm/

Facebook Comments

No Replies on CARA MUDAH MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN UNTUK UKM

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Berpengalaman lebih dari 24 Tahun
menangani lebih dari 100ribu perusahaan

Kelola akuntansi, penjualan, pembelian, inventory, tagihan, kasir, laporan keuangan, analisa bisnis dan lainnya di Zahir

Coba gratis, tanpa syarat

close-link