Insta Story, Membuat Marketing Lebih Kreatif! 2 tahun ago

instastory membuat marketing lebih kreatif

Pernah mendengar fitur baru dari Instagram? Instagram Stories atau yang biasa disebut Insta Story. Yup, aplikasi yang saat ini sedang booming dan kekinian bagi kalangan muda maupun tua. Apa sih Instagram Story itu? Lalu, apa keuntungan memakai instagram story dalam bisnis? Mari kita simak pembahasan berikut berdasarkan pengalaman pemakai.

Instagram story merupakan salah satu fitur terbaru yang ada di dalam Instagram. Insta story biasa dimanfaatkan oleh pemakai instagram untuk menceritakan kehidupan pribadi, mengupload berbagai macam kegiatan yang dilakukan oleh pemakai, atau untuk mencari benefit melalui iklan yang ditayangkan di instagram story, bahkan ada juga yang memanfaatkan instagram story sebagai ajang pencarian followers. Selain itu, di fitur instagram story ini kita dapat menayangkan atau mengiklankan suatu produk tertentu dalam durasi tidak sampai satu menit. Iklan yang ditayangkan akan dibatasi hanya dalam waktu 24 jam untuk dapat di lihat oleh followers Anda.

Dalam hal promosi, instagram story dapat dikatakan sangat berpengaruh bagi bisnis yang Anda jalankan. Sebagai contoh, selama ini banyak pemasaran produk-produk hanya terpaku pada media sosial seperti Facebook yang semua orang pasti tahu bahwa Facebook hanya dapat menjadi alat promosi yang terkesan kaku dan itu-itu saja. Disini, kami mencoba untuk menawarkan alat promosi baru yang lebih efektif untuk menarik minat konsumen agar lebih tertarik pada produk yang Anda tawarkan. Tapi, bukan berarti Anda menghapus Facebook sebagai alat promosi yang selama ini Anda gunakan. Hanya saja, kami berusaha untuk memperbaruhi alat promosi agar lebih bervariasi.

insta story
Source Gambar : branddrivendigital

Cara kerja insta story

Fitur satu ini merupakan salah satu fitur dalam instagram yang sangat mudah untuk digunakan. Syarat utama menggunakan fitur ini adalah Anda harus memiliki instagram versi terbaru yang dapat Anda unduh di Playstore jika Anda menggunakan Smartphone Android atau pun di App Store jika Anda menggunakan Iphone. Setelah Anda mengunduh aplikasi instagram, Anda dapat mendaftar dengan cara mengisi biodata yang terdiri dari alamat email dan password yang Anda miliki. Lalu, hal yang selanjutnya harus Anda lakukan adalah memfolow akun instagram yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut. Biasanya akun tersebut terdiri dari beberapa nama akun yang Anda kenal. Setelah aksi follow memfollow selesai, hal yang dilakukan selanjutnya ialah membuat instagram story pada akun instagram Anda.

Caranya, Anda harus tap icon + pada layar instagram Anda, atau Anda dapat swap ke kiri pada layar instagram Anda. Saat kamera story terbuka, Anda dapat mengambil foto atau merekam video yang akan ada post. Setelah mengambil foto atau merekam video, ada dapat mengisi teks maupun gambar pada foto atau video yang akan Anda post, yang pasti teks yang harus Anda isi jika ingin memasarkan suatu produk yang dalam hal ini ialah Zahir Online, Anda harus mengisinya dengan kata-kata promosi yang menarik. Setelah bahan promosi selesai di buat, saatnya Anda sebarkan dengan cara menekan kata ‘selanjutnya’ yang ada di layar instagram story Anda. Kemudian, Anda akan dialihkan pada tampilan ‘Cerita Anda’ pada layar instagram story. Insta Story promosi yang Anda buat sudah selesai.

Di instagram story Anda juga dapat melihat beberapa basic analyst yang menunjukkan berapa kali postingan dalam instagram story Anda di lihat oleh followers Anda. Cara untuk mengeceknya, Anda dapat swap ke atas pada layar , kemudian akan tampil nama akun yang melihat postingan yang Anda buat.

Keuntungan dalam menggunakan insta story bagi bisnis yang Anda jalankan

Anda dapat meningkatkan penjualan pada bisnis yang Anda jalankan dengan menggunakan instagram story sebagai alat pemasaran produk yang dalam hal ini adalah aplikasi Zahir. Dengan instagram story, Zahir dapat dipasarkan ke berbagai penjuru negara di dunia yang menggunakan instagram.

Instagram story membuat pengguna lebih mudah melihat iklan yang ditawarkan oleh produk tertentu. Instagram story juga dapat membawa pengguna ke dalam kegiatan yang Anda laksanakan. Sehingga masyarakat dapat lebih tertarik terhadap produk yang dipasarkan.

Instagram story juga dapat menyiarkan siaran langsung yang dapat di lihat oleh pengguna instagram khususnya follower Anda. Jadi, jika ada kegiatan yang berhubungan dengan bisnis yang Anda jalankan, Anda dapat dengan mudah mempost dengan menyiarkan siaran langsung pada instagram story Anda.

Instagram story memberikan kemudahan bagi Anda dalam mendapatkan respon terhadap promosi yang Anda share. Ya, Anda dapat menerima pesan secara langsung mengenai produk yang Anda tawarkan melalui fitur pesan yang ada di dalam Instagram story Anda. Komentar yang di post oleh followers Anda tentang produk yang Anda pasarkan akan masuk ke dalam pesan di instagram story Anda. Jadi, Anda tidak perlu repot memasarkan kontak pribadi di instagram story, yang perlu Anda lakukan ialah men-tag nama akun instagram Anda ke dalam instagram story yang kemudian akan terhubung secara langsung ke instagram Anda. Jadi, followers Anda dapat dengan mudah melihat profil instagram Anda.

Kelemahan insta story

Dari sekian banyak keunggulan instagram story dalam pemasaran bisnis, instagram story juga memiliki beberapa kelemahan. Diantaranya adalah :

  1. Durasi postingan tidak sampai satu menit.Hal ini merupakan kelemahan yang harus dipikirkan dalam pemasaran produk, mengingat waktu postingan tidak sampai satu menit dapat menjadi penyebab pengguna instagram story malas untuk membaca/melihat postingan karena waktu yang relatif cepat. Anda sebagai pengguna instagram story pun pastinya ingin memasarkan produk yang lebih lama dan lebih panjang waktu durasinya agar segala kegiatan ataupun cerita yang di post dapat lebih mendetail.
  2. Postingan hanya dapat di lihat selama 24 jamYa, postingan dalam instagram story hanya dapat di lihat selama 24 jam. Jika sudah lewat dari 24 jam, postingan yang Anda publish tidak dapat di lihat lagi oleh pengguna insta story. Anda harus sering memasarkan produk yang Anda miliki ke dalam instagram story agar dapat di lihat oleh pengguna instagram dalam jangan waktu yang lama.
  3. Agar promosi yang Anda post dapat dilihat oleh masyarakat luas, Anda juga harus memiliki banyak followers, karena instagram story tidak seperti Facebook yang dapat dilihat secara publik. Instagram story dapat di lihat oleh akun tertentu yang menjadi following Anda. Maka, carilah banyak followers agar promosi yang Anda post ke instagram story dapat menyebar luas.Jadi, apakah Anda tertarik pada fitur terbaru dari instagram ini? Atau apakah Anda masih stay dan setia menggunakan alat promosi Anda yang lama? Pilihannya ada di tangan Anda sendiri.

 

Sumber : digitalmaker.id

 

Oleh Deddy Irawan

Facebook Comments

No Replies on Insta Story, Membuat Marketing Lebih Kreatif!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

More in Bisnis, Blog Contest, Strategi Bisnis
contoh laporan keuangan untuk UKM
Contoh Laporan Keuangan Untuk UKM

Memulai suatu bisnis atau usaha memelukan perencanaan yang matang, tidak hanya sekedar mempunyai modal dan keyakinan saja tetapi lebih dari...

Close