News: Pernyataan Zahir terkait Covid 19

Bisnis Online dan Kiat dalam Mengelolanya 3 tahun ago

bisnis online dan kiat dalam mengelolanya

BISNIS ONLINE

 

Beberapa tahun belakangan ini, banyak pelaku usaha yang menggunakan media online sebagai alat untuk mempromosikan dan memasarkan produk usaha mereka. Baik itu secara gratis maupun iklan berbayar. Hal ini disebabkan karena mulai menjamurnya pengguna jasa internet dan semakin dimudahkannya para pengguna internet ketika tertarik dengan salah satu produk tertentu.

Sebenarnya prinsip bisnis online sama seperti menjalankan bisnis offline, ada produk, ada jasa, ada nilai tambah yang perlu dijual agar bisa menghasilkan uang. Namun perbedaannya adalah, bisnis tersebut dijalankan secara online di internet. Pemasaran dilakukan mBisnis online juga bisa berlangsung tanpa batasan waktu secara 24 jam karena tidak tertuntut jam kerja untuk menutup outlet seperti bisnis offline.elalui internet dan pembelinya didapatkan juga melalui internet.

Dilihat dari segi positifnya, keuntungan serta manfaat yang bisa didapat dari bisnis online adalah kemudahan dari segi modal, karena pebisnis tidak memerlukan modal yang besar, cukup satu unit computer dan jaringan internet. Untuk media promosi, pelaku bisnis online dapat menggunakan sosial media seperti Facebook, Twitter, Line, Path, Instagram dan juga bisa dengan membuat blog atau website secara sederhana.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengelola bisnis online.

  • Data penjual harus jelas dan lengkap
    Hal mendapsar dalam bisnis online adalah kepercayaan. Pembeli akan percaya pada toko online tersebut bila penjual dapat dihubungi dan segera membalas pesan dari pembeli.
  • Desain Toko yang menarik
    Buatlah tampilan yang menarik untuk toko online anda. Bisa penggunaan animasi, musik, atau grafis yang dapat menarik pengunjung untuk lama melihat produk di toko online anda. Namun tidak perlu terlalu berlebihan. Serta gunakan kata-kata yang simple dan sederhana tapi mudah dipahami.
  • Bersikap ramah
    Seperti transaksi jual beli offline, ada juga pembeli yg menawar harga barang, memilih barang yg diinginkan bahkan tiba-tiba membatalkan barang yang akan dibeli. Jadi si penjual toko online juga harus sabar melayani berbagai ragam pembeli.
  • Jujur
    Jangan membohongi pembeli terkait produk yang anda jual. Deskripsikan dengan lengkap terkait produk dagangan anda. Baik dari harga, ukuran, warna, stok yang tersedia serta layanan pengiriman yang anda gunakan. Hal ini penting agar pembeli tidak merasa dibohongi dan menulis hal-hal yang kurang berkenan tentang bisnis online anda.
  • Selalu memperbaharui barang dagangan
    Penjual harus selalu up to date dengan barang dagangannya. Bila ada produk baru atau produknya sudah terjual harus segera diganti agar tidak ada calon pembeli yang kecewa. Dan informasikan juga produk-produk yang yang stoknya masih tersedia.
  • Beriklan
    Sering-sering membagikan konten produk anda untuk menambah pengunjung. Promo iklan ini bisa dilakukan di social media seperti Facebook, Twitter, Instagtam dan yang lainnya. Dan perhatikan juga waktu-waktu yang tepat dalam beriklan agar orang-orang yang melihatnya tidak bosan dengan konten yang anda buat.
  • Sediakan layanan return barang
    Layanan ini penting bagi pelaku bisnis online. Bila si pembeli ingin mengganti produk yang dibelinya karena terlalu besar atau warnanya kurang cocok, maka pembeli akan terbantu dengan layanan tersebut. Dan pembeli bisa mempromosikan pada relasinya.
  • Diskon
    Semua pembeli suka dengan potongan harga. Berapapun nilai potongannya, pembeli akan melihat dan mempertimbangkannya. Pelaku bisnis online bisa membuat jam khusus dalam menawarakan produk mereka dengan special discout. Misalnya discount 10% dari tanggal 1 – 10 tiap bulan atau discount 20% dari jam 09.00 – 12.00. Dengan adanya dicount ini diharapkan pembeli akan datang ke toko anda dan memborong produk-produk anda.
  • Buatlah perhitungan dan pembukuan
    Dalam usaha apapun, pelaku usaha harus membuat perhitungan yamg matang ketika akan menjalankan usahanya. Pelaku harus tahu posisi stok barang, biaya yang dikeluarkan, serta berapa pendapatan usaha dari bisnis mereka. Hal ini penting agar pebisnis dapat mengetahui apakah bisnis mereka menguntungkan atau tidak. Besaran laba rugi dapat dilihat dari hasil pendapatan penjualan dikurangi biaya-biaya yang dikeluarkan. Dengan ini pebisinis online bisa mengetahui seberapa besar profit bisnis online yang mereka jalankan saat ini.

 

Penulis : Hendro Yunanto

Daftar Pustaka
http://kementrianperdagangan.com/mengelola-bisnis-online/
http://www.maxmonroe.com/

Facebook Comments

No Replies on Bisnis Online dan Kiat dalam Mengelolanya

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Berpengalaman lebih dari 24 Tahun
menangani lebih dari 100ribu perusahaan

Kelola akuntansi, penjualan, pembelian, inventory, tagihan, kasir, laporan keuangan, analisa bisnis dan lainnya di Zahir

Coba gratis, tanpa syarat

close-link

Berpengalaman lebih dari 24 Tahun
menangani lebih dari 100ribu perusahaan

Kelola akuntansi, penjualan, pembelian, inventory, tagihan, kasir, laporan keuangan, analisa bisnis dan lainnya di Zahir

Coba gratis, tanpa syarat

close-link