News: Pernyataan Zahir terkait Covid 19

Apa Itu Bisnis Online? 3 tahun ago

apa itu bisnis online

Apa sih itu bisnis online?

Bisnis online merupakan segala jenis kegiatan bisnis yang dilakukan secara online (melalui internet).

Sebelum membahas keseluruhannya kita harus tau bisnis online itu apa pengertiannya.

 

PENGERTIAN BISNIS ONLINE

Pengertian bisnis online adalah sebuah cara promosi atau menawarkan barang atau jasa yang di lakukan menggunakan jaringan internet, Untuk mudahnya pengertian bisnis online adalah menjual atau promosi yang dilakukan dengan cara online atau menggunakan internet dengan saling berkomukasi. Hal ini sangat berbeda sekali dengan bisnis offline, yang dimana jika ingin mendapatkan barang kita harus pergi ke tempat penjual barang tersebut, Jadi kesimpulannya menggunakan bisnis online itu sangat mudah, Akan tetapi jika Anda menggunakan bisnis online hal yang pertama Anda tanamkan Adalah kejujuran dalam berbisnis. Sebab orang akan percaya pada Anda dan begitu sebaliknya. Itulah Pengertian Bisnis Online.

Setelah kita mengetahui apa itu pengertian bisnis online, kita juga harus tau apa saja jenis bisnis online..

Jenis Bisnis Online
Kegiatan bisnis online ini bisa diwujudkan dalam berbagai jenis (wujud tampilan di internet). Antara lain berbentuk:
• Website
• Toko online atau marketplace
• Blog
• Akun sosial media

TIPS MEMULAI BISNIS ONLINE
Penjabaran tentang pengertian bisnis online memang luas sekali, Bahkan kalau diterangkan di halaman ini tentu tidak pernah selesai, Untuk itu saya hanya berbagi poin penting saja tentang pengertian bisnis online.
Nah! Sebelum kita membahas tips memulai bisnis online sebelumnya kita bahas elemen apa saja yang digunakan untuk memulai bisnis online.

Tiga Elemen untuk Memulai Bisnis Online Anda Segera
Jika anda baru terjun di bisnis online dan ingin segera memulai bisnis online anda secepatnya, segera penuhi ketiga elemen bisnis tersebut untuk segera mendapatkan hasil.

Elemen 1: Produk atau Penawaran
Jika anda belum memiliki produk, mulai cari produk atau apapun ya bisa anda tawarkan sebagai value anda (misal jasa anda).
Ingat, alasan orang memberi anda uang adalah karena anda punya sesuatu untuk diberikan pada pembeli anda (produk dan jasa anda).
Jika anda sudah punya produk, kini anda perlu tempat dimana orang bisa melihat produk anda, melihat harga, melihat spesifikasi produk yang anda jual, dan membeli produk yang anda jual.

Elemen 2 : Konversi (Situs atau Apapun yang Menjadikan Orang Bisa Beli)
sekarang ketika anda sudah punya produk (apapun produk anda) untuk dijual, kini anda butuh tempat untuk meletakkan produk anda di internet, dan menjadikannya bisa dilihat dan diakses orang lain.

Elemen 3: Pengunjung (yang Banyak)
Jika anda sudah mempelajari semuanya tentang pembuatan situs, kini anda sudah lebih mahir dan canggih dibanding 90% pebisnis lokal di luar sana.
Yang anda perlukan kini adalah membawa pengunjung ke situs anda.
Anda bisa melakukan ini dengan berbagai cara. Salah satu cara yang populer adalah dengan menggunakan mesin pencari untuk membawa pengunjung ke situs anda. Hal ini membantu orang lain yang ingin mencari anda atau bisnis anda untuk menemukan anda.

Berikutnya setelah Anda tahu tentang pengertian bisnis online dan beberapa elemen untuk memulai bisnis berikut ini adalah tips atau langkah tepat untuk memulai bisnis online. Jika Anda ingin tahu benar tentang bisnis online

• Menjalankan bisnis online Anda harus memiliki web atau blog. kenapa? Web atau blog adalah rumah Anda, yang dimana peran rumah sangat penting untuk menerima tamu atau untuk menjual barang. jadi kalau Anda ingin berbinis online Anda harus memiliki blog atau web untuk menjalankan bisnis internet Anda.

• Bergabung di Media Sosial adalah salah satu cara untuk promosi produk yang Anda jual. Pengertian bisnis online sendiri sangat luas jadi memanfaatkan media sosial untuk promosi produk adalah hal yang paling tepat bagi Anda yang ingin menjual barang di internet.

• Menggunakan Forum jual beli adalah pilihan yang terbaik untuk menjalankan bisnis online. Baik Anda yang memiliki toko online atau bisnis lainnya menggunakan forum jual beli adalah pilihan yang paling tepat dan ini adalah salah satu bagian dari pengertian bisnis online.

Setelah mengetahui tips memulai bisnis online, tidak ada salahnya kita harus mengetahui manfaat dan tantangan apa saja yang ada dalam bisnis online.

Manfaat Dan Tantangan Bisnis Online

Potensi bisnis online memang menggiurkan, namun proses dan tantangan yang harus kita hadapi pun bukan sesuatu yang ringan.

Ada banyak hal yang bisa kita pertimbangkan ketika hendak memulai bisnis online atau mengonlinekan bisnis yang sudah ada, terutama jika Anda bukan seseorang yang familiar dengan komputer, atau bahkan belum pernah membangun bisnis sebelumnya.

Beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan diantaranya yakni:
• Hemat biaya sewa tempat dan karyawan
• Produknya fleksibel, bisa banyak macam
• Kemudahan akses lewat internet, kapan saja dan dari mana saja, 24 jam 7 hari seminggu

Meskipun begitu, ada beberapa tantangan yang mau tidak mau harus kita hadapi, antara lain:
• Membutuhkan kemampuan teknis mengenai website dan internet
• Pengeluaran biaya untuk gadget, perangkat komputer, dan software pendukung
• Resiko penipuan online

Setelah kita membahas manfaat dan tantangan berbisnis online, biasanya ada yang suka bertanya , bisa ga sih memulai berbisnis online gratis tanpa modal sama sekali ????
Jawabannya BISA!

Tapi saya sarankan anda untuk tidak menggunakan cara gratisan ini karena meski anda merasa lebih murah di awal, namun sebenarnya anda menghabiskan lebih banyak uang karena akan sangat menghabiskan waktu anda.

Waktu yang sebenarnya bisa anda habiskan untuk melakukan promosi bagi situs anda sehingga mendapatkan lebih banyak pengunjung malah jadi harus dihabiskan untuk memperbaiki situs anda, menambahkan gambar, memperbaiki tampilan, dan lain-lain.

Belum lagi toko online gratisan tidak memiliki fitur sebagus atau secanggih toko online premium yang dibuat dengan WordPress di hosting anda sendiri.

Dan tampilan toko online gratisan kurang bisa anda atur semau anda. Belum lagi nama domain anda yang jadi harus ada embel-embel blogspot atau multiply-nya, menjadikan toko online anda lebih sulit untuk dipercaya.

Coba bandingkan nama toko online ini:
•ManetBoutique.com dengan ManetButique.Blogspot.com
•KoleksiMuslim.com dengan KoleksiMuslim.Blogspot.com
•BatikMadura.com dengan BatikMadura.Multiply.com

Selain panjang dan sulit diingat, juga tidak memberikan kesan keren. Sementara yang akhiran .Com terlihat beberapa kali lipat lebih profesional.

Menjalankan bisnis berbasis online, Anda tentu akan membutuhkan sejumlah pengetahuan mengenai marketing. Bisnis online akan memberikan kesempatan yang sangat luas untuk berkembang setiap saat sesuai dengan perkembangan/tren yang terjadi.

Namun, hal ini juga tentu menjadi tantangan besar di mana setiap saat akan terjadi perubahan dengan cepat dalam bisnis global. Yang jadi pertanyaan adalah apakah Anda siap untuk mengikutinya setiap waktu?

Untuk tetap bertahan di bisnis ini, Anda wajib menguasai internet marketing. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pemasaran bisnis secara maksimal. Hal ini mungkin tidak akan mudah, mengingat tingginya tingkat persaingan yang terdapat di dunia bisnis online sehingga akan membutuhkan berbagai macam strategi jitu dalam pemasaran yang akan dilakukan.

Salah satu hal yang wajib dilakukan untuk tetap eksis dalam bisnis ini adalah dengan cara memaksimalkan content marketing. Pada dasarnya, untuk semua bisnis online yang menggunakan website, blog, social media, ataupun marketplace lainnya, penggunaan content marketing menjadi hal yang wajib untuk dilakukan. Hal ini akan memudahkan penyampaian setiap promosi yang dilakukan di mana hal tersebut dapat diterima dengan lebih baik dan menarik oleh para pelanggan.

Pemasaran yang biasa-biasa saja tentu akan membosankan dan membuat pelanggan enggan untuk berkunjung ke website Anda. Hal ini pasti akan menjadi kendala besar dalam perkembangan bisnis yang sedang dijalankan.
Untuk mengatasi inilah, content marketing dapat dilakukan di mana bentuk pemasaran akan menjadi lebih terarah dan tidak terkesan memaksa dan membosankan bagi para pelanggan. Berikut ini beberapa alasan mengapa content marketing sangat dibutuhkan dalam pengembangan bisnis.

1. Content Punya Nilai yang Membuatnya Menarik dan Patut Dibagikan
Mau Banyak Dikunjungi dan Banyak Untung yang Didapat? Hiasi Website dengan Content
Content marketing yang bagus dan menyasar pada target pembaca akan membuat visitor/pelanggan begitu senang untuk membagikannya melalui social media mereka. Hal ini tentu akan mempermudah dalam melakukan kegiatan promosi bisnis Anda. Pelanggan akan sukarela turut serta dalam mengembangkan bisnis tersebut dengan cara membagikan content yang memang layak diketahui.

Namun, hal ini juga bukan sebuah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan. Keterampilan Anda dalam membuat contentyang berkualitas akan sangat dibutuhkan. Pelanggan akan malas ketika membaca content yang membosankan, biasa, memaksa, “garing”, dan tidak memiliki kualitas/informasi yang berguna. Karena itu, sangat penting untuk memahami dengan baik apa dan bagaimana sebenarnya content punya pengaruh siginifikan dalam bisnis online Anda.

Jika telah memahami hal di atas, Anda jadi tahu bagaimana menghasilkan content yang berkualitas. Artinya, contenttersebut menjawab kebutuhan pelanggan dengan baik, membuat pelanggan tertarik, dan akhirnya men-share-nya. Dengan begitu, banyak visitor baru berdatangan dan melihat produk Anda sehingga dengan sendirinya angka penjualan akan mengalami peningkatan.

2. Website Terlihat Fresh dan Dinamis karena Content
Pada dasarnya, orang-orang yang gemar belanja online saat ini sudah semakin cerdas. Mereka tidak akan membeli dan menggunakan produk sambil “menutup mata”. Sebab mereka tidak memiliki sejumlah informasi yang lengkap tentang produk yang akan dibeli. Hal inilah yang akan dijawab content yang Anda posting di website.

Visitor tidak akan mengambil keputusan dengan mudah. Sebab mereka butuh informasi selengkap-lengkapnya hingga mereka yakin mau membeli, termasuk dengan keberadaan sejumlah informasi yang diberikan content marketing yang disediakan di website Anda. Namun, apakah hal ini saja cukup?

Tentu saja tidak. Sebab visitor akan sangat tertarik pada berbagai content yang baru dan dapat memenuhi semua rasa ingin tahu mereka. Hal ini membuat Anda harus selalu memproduksi terus content yang baru di website Anda. Selalu perbarui content dan buatlah makin baik serta informatif sehingga visitor tidak akan kecewa ketika datang dan menemukan content yang itu-itu lagi.

Hal ini akan sangat berpengaruh pada tertarik atau tidaknya visitor untuk melakukan pembelian, termasuk kembali atau tidaknya visitor. Jangan bosan untuk selalu menyediakan content yang baru dan tentunya yang berkualitas baik sehingga rasa ingin tahu visitor terpenuhi dengan baik.

3. Content Jadi Pilihan Hemat dan Efektif Mempopulerkan Brand
Keseriusan Anda dalam membuat dan menyediakan content yang berkualitas akan membantu dalam memaksimalkan kegiatan promosi terhadap bisnis yang dijalankan saat ini. Ini bahkan bisa menjadi jalan utama dalam kegiatan marketing. Karena itu, selalu pastikan Anda melakukannya dengan baik dan tepat.

Berikan waktu untuk menyediakan dan mem-posting berbagai content yang menarik. Akan lebih baik jika ini dilakukan dengan terjadwal. Anda memiliki waktu-waktu terbaik untuk melakukannya. Hal ini akan membantu untuk dapat merangkul pelanggan dan membuat mereka mengingat dengan baik kapan Anda akan menghadirkan content baru.

Jika konsisten melakukan ini, pelanggan juga akan lebih mudah mengingat dan mengenal brand Anda dibandingkan dengan yang lainnya. Dengan begitu, peningkatan penjualan akan semakin mungkin tercapai. Jadwalkan kegiatan posting secara berkala sehingga peluang terciptanya angka penjualan akan semakin besar.

Semakin banyak melakukan kegiatan posting ini, semakin besar kemungkinan pelanggan akan melakukan pembelian. Sebab mereka akan semakin kenal dengan brand Anda. Kegiatan ini juga menjadi kesempatan yang sangat baik untuk bisa meraih pelanggan baru.

Masalah dan Solusi Bisnis Online

Peluang Usaha – Maraknya bisnis online Ada beberapa hambatan yg menjadi kendala kita, saat memulai usaha. Hal inilah yg membuat banyak orang akhirnya gulung tikar, dan meninggalkan peluang usaha onlinenya

Dibawah Ini Kami Informasikan Kendala Bisnis Online Dan Solusinya

1. Banyaknya penipuan di dunia maya, membuat kepercayaan konsumen akan peluang usaha online masih kurang. Penipuan yg sering terjadi yaitu uang sudah dibayarkan namun produk tidak dikirimkan, atau kualitas produk tidak sesuai dgn gambar yg ditampilkan.

Solusi : untuk meyakinkan konsumen, cantumkan alamat lengkap dan contact person yg bisa dihubungi konsumen baik melalui chating, telepon atau sms. Selanjutnya, jaga kualitas produk yg Anda tawarkan. Serta lengkapi gambar produk dgn keterangan pendukung, misalnya saja jenis bahan yg digunakan, harga produk, tipe produk, ukuran produk, dll. Sehingga konsumen benar-benar memperoleh informasi secara detail.

2. Persaingan bisnis online yg sangat tinggi. Kemajuan teknologi, mendukung sebagian besar orang memasarkan produknya melalui internet. Jadi bisa dipastikan persaingannya sangat ketat, lihat saja peluang bisnis toko online, reseller produk, atau affiliate yg sudah dijalankan ribuan orang di berbagai negara.

Solusi : sebaiknya tawarkan produk yg memiliki keunikan tersendiri, jadi persaingannya tidak terlalu tinggi. Lalu, dukung dgn kegiatan promosi bisnis online seperti optimasi seo, memberikan konten gratis pada konsumen, memasang iklan baris atau baner di website/blog terkenal, bergabung dgn forum bisnis online, atau bisa juga dgn memasarkannya secara offline. Sehingga bisnis Anda semakin dikenal banyak orang.

3. Kendala koneksi internet. Bagi pelaku bisnis _disibledevent=”on”>kota, mungkin koneksi internet bukan menjadi kendala. Namun bagi rekan-rekan yg tinggal di daerah pinggiran, koneksi internet masih sangat terbatas.

Solusi : Anda bisa memanfaatkan modem internet yg saat ini sudah banyak diproduksi para provider komunikasi. Pilih modem yg sinyalnya memang bagus di daerah Anda, sehingga koneksi internet juga tidak terhambat.

4. Terbatasnya pengetahuan tentang bisnis online. Banyak orang yg ikut-ikutan menjalankan bisnis affiliate atau membuka toko online, namun dia tidak mengetahui apa saja yg harus dilakukan untuk menunjang kesuksesan bisnisnya. Sehingga bisnis online yg dijalankan, hasilnya juga tidak optimal.

Solusi : untuk menambah pengetahuan, Anda bisa mempelajarinya dari buku bisnis online yg sudah banyak beredar di pasaran, atau bisa juga dgn mencari panduan serta mengikuti kursus online yg saat ini banyak ditawarkan oleh para pakar bisnis online dan pakar internet marketing.

Nah, setelah mengetahui solusi dari setiap kendala yg menghambat bisnis online. Anda tidak perlu ragu lagi untuk memulai peluang usaha di dunia maya. Yg terpenting, kuatkan tekad Anda karena setiap kendala pasti ada solusinya.

Terakhir…

Ya, sampailah pada akhir artikel ini.

Apa yang saya sampaikan ini masihlah jauh dari kesempurnaan. Ada baiknya Anda lengkapi juga dengan sumber bacaan lain, atau referensi dari praktisi yang menurut Anda mereka sudah sukses di bidang ini.

Jika dirasa tips cara bisnis online ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman, saudara, bahkan pasangan Anda, dan terutama bagi orang-orang yang sedang membutuhkan tambahan penghasilan supaya bisa segera take action untuk perubahan kehidupan yang lebih baik lagi.

Terima kasih, semoga kebaikan senantiasa menyertai Anda sekalian.
Salam sukses! Semangat!

Facebook Comments

No Replies on Apa Itu Bisnis Online?

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>