News: Pernyataan Zahir terkait Covid 19

TIPS MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN UNTUK PERUSAHAAN STARTUP 9 bulan ago

Perusahaan startup merupakan sebuah usaha yang didirikan oleh seseorang dan masih dalam tahap pengembangan. Jika kamu adalah seorang owner dari sebuah perusahaan startup, maka sangat penting buat kamu untuk membuat laporan keuangan. Laporan keuangan merupakan identitas sebuah perusahaan yang dapat memperlihatkan kondisi keuangan dan level kinerja dalam suatu periode tertentu.

Laporan keuangan berperan penting dalam membantu kamu dalam mengembangkan perusahaan agar selalu sehat. Selain itu, laporan keuangan juga bermanfaat buat kamu untuk menghitung jumlah pajak dan hutang piutang, mengambil keputusan, mengevaluasi dan lain sebagainya. Sebagai owner dari perusahaan startup kamu wajib membuat laporan keuangan agar bisa memantau perkembangan perusahaan secara berkala.

Banyak manfaat yang bisa kamu nikmati dengan adanya laporan keuangan. yaitu:

  1. Mengetahui apakah perusahaan menghasilkan keuntungan atau kerugian
  2. Mempermudah dalam membuat strategi bisnis untuk pengembangan perusahaan
  3. Meminimalisir adanya tindakan curang dari karyawan atau partner bisnis
  4. Mencari investor
  5. Mengetahui apa saja yang menjadi aset perusahaan
  6. Alat pendukung dalam melakukan pinjaman ke Bank
  7. Memperlihatkan kesehatan keuangan perusahaan

Membuat laporan keuangan tidak seperti kita membuat laporan-laporan pada umumnya karena laporan keuangan besar pengaruhnya terhadap kondisi keuangan. Demi mendapatkan laporan keuangan yang kamu inginkan secara tepat dan akurat, kamu harus memperhatikan hal-hal yang dapat membuat kamu melakukan kesalahan dalam membuat laporan keuangan Maka dari itu, berikut tips dalam menyusun laporan keuangan untuk perusahaan startup yaitu:

a. Buatlah rekening bank khusus untuk perusahaan

Sebagai owner, kamu wajib untuk membuat rekening bank khusus untuk perusahaan kamu sendiri dan tidak menggabungkan dengan rekening pribadi. Gunakan rekening bank ini untuk semua uang yang yang keluar dan masuk dari perusahaan. Hal ini juga sangat bermanfaat untuk membantu dalam menjalankan setiap transaksi perusahaan. Dengan memisahkan rekening pribadi dengan rekening perusahaan, kamu juga membantu dalam proses pencatatan transaksi perusahaan

b. Kumpulkan dan catat setiap transaksi

Sebelum mencatat setiap transaksi, kumpulkan terlebih dahulu setiap struk atau bukti pembayaran dari setiap transaksi. Jika sudah terkumpul mulailah mencatat secara rinci dan detail ke sebuah buku atau dapat menggunakan excel. Semua struk atau bukti pembayaran yang terkumpul juga berfungsi sebagai bahan untuk mengkroscek kembali jika laporan keuangan sudah selesai dibuat.

c. Membuat laporan laba rugi

Peran laporan laba rugi dalam laporan keuangan adalah memperlihatkan kondisi keuangan perusahaan apakah sedang mengalami keuntungan atau kerugian. Di dalam laporan laba rugi terdapat informasi mengenai selisih dari pendapatan dan beban biaya perusahaan dalam suatu periode waktu tertentu. Laporan laba rugi dibagi menjadi 2 bagian yaitu laba/rugi kotor dan laba/rugi bersih.

d. Membuat laporan perubahan modal

Dalam laporan keuangan, peran laporan perubahan modal yaitu untuk mengetahui perubahan yang terjadi pada modal awal yang belum berpengaruh sampai terjadinya perubahan dalam periode waktu tertentu. Laporan perubahan modal juga memperlihatkan berapa nominal modal yang ada, berapa modal yang ditambah, darimana sumber modal tersebut dan berapa modal yang berkurang.

e. Laporan neraca

Dalam laporan neraca suatu perusahaan berfungsi sebagai alat untuk memperlihatkan kondisi keuangan perusahaan dalam periode waktu tertentu. Laporan neraca berisi informasi mengenai aset, kewajiban dan modal dan dibagi menjadi 2 sisi yaitu kiri (aktiva) dan sisi kanan (pasiva). Sisi kiri (aktiva) berisi mengenai informasi jumlah dari semua aset perusahaan baik itu berwujud atau tidak berwujud sedangkan sisi kanan (pasiva) berisi informasi mengenai kewajiban dan modal.

f. Laporan arus kas

Dan yang terakhir dalam laporan keuangan yaitu laporan arus kas, yang berisi mengenai informasi dari masuk dan keluarnya kas suatu perusahaan dalam suatu periode tertentu atau biasa disebut cash flow statement. Laporan arus kas menggambarkan pergerakan uang masuk dan keluar dalam suatu perusahaan. 

g. Kroscek kembali semua data yang sudah terinput

Jika kamu sudah melakukan semua point sebelumnya, maka kamu harus mengkroscek kembali semua transaksi yang sudah kamu input mulai dari awal pencatatan setiap transaksi hingga laporan keuangan selesai dibuat. Hal ini sangat berguna untuk menghindari kesalahan dalam proses pembuatan laporan keuangan.

h. Gunakan software akuntansi

Di era serba digital saat ini, tentunya sudah banyak perusahaan yang menciptakan berbagai macam software akuntansi. Software akuntansi dapat mempermudah kamu dalam proses penyusunan laporan keuangan secara tepat dan akurat tanpa harus mencatat ke buku atau excel. Kamu hanya duduk manis didepan laptop atau komputer dan mulai menginput setiap transaksi. Dengan menggunakan software akuntansi kamu bisa menginput transaksi kapanpun dan dimanapun kamu berada.

Demikianlah 8 tips dalam menyusun laporan keuangan untuk perusahaan startup, kamu bisa mulai mencoba melakukannya sekarang. Namun agar menyusun laporan keuangan perusahaan tidak memakan waktu yang terlalu lama, gunakanlah software akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan kamu. Carilah software akuntansi yang menyediakan berbagai fitur pendukung dalam menyusun laporan keuangan perusahaan kamu.

Zahir Online merupakan software akuntansi atau aplikasi yang berpengalaman lebih dari 20 tahun dan dapat membantu kamu dalam menginput segala data-data atau informasi keuangan bisnis kamu agar terciptanya laporan keuangan yang cepat, tepat dan akurat. Berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan Zahir Online salah satu diantaranya kamu dapat memantau laporan keuangan kamu secara berkala. 

Bukan hanya itu, Zahir Online juga memiliki fitur yang dapat membantu kamu untuk memantau inventory antar cabang dan menjamin keamanan data keuangan bisnis kamu. Zahir Online juga sudah dipakai oleh ribuan perusahaan dan kamu juga akan mendapatkan layanan customer care serta pelatihan. Cukup dengan 1 kali klik, kamu akan mendapatkan informasi detail mengenai Zahir Online dan juga FREE TRIAL-nya:

https://www.zahironline.com/

Tunggu apa lagi…  Hanya dengan 1 kali klik semua masalah bisnis kamu akan terpecahkan dan dapatkan FREE TRIAL-nya.

Sumber:

https://idcloudhost.com/mengenal-apa-itu-startup-pengertian-dan-perkembangan-bisnis-startup-di-indonesia/

https://www.akseleran.co.id/blog/laporan-keuangan/

https://frconsultantindonesia.com/id/pembukuan-keuangan-sederhana-untuk-perusahaan-startup/

https://www.hashmicro.com/id/blog/laporan-keuangan-perusahaan-apa-saja-komponen-penting-di-dalamnya/

Facebook Comments

No Replies on TIPS MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN UNTUK PERUSAHAAN STARTUP

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Berpengalaman lebih dari 24 Tahun
menangani lebih dari 100ribu perusahaan

Kelola akuntansi, penjualan, pembelian, inventory, tagihan, kasir, laporan keuangan, analisa bisnis dan lainnya di Zahir

Coba gratis, tanpa syarat

close-link