Pentingnya Mengerti Kompetensi Inti dari Bisnis Anda 3 tahun ago

Promo Akhir Tahun Software Akuntansi Online

Jika ada yang bertanya kepada anda, bisnis apa yang anda jalankan? Mungkin anda bisa menjawabnya dengan mudah. Tapi jika pertanyaannya berlanjut, apa keistimewaan bisnis anda dibandingkan perusahaan sejenis? Kebanyakan pebisnis mungkin perlu beberapa waktu sejenak untuk menjawabnya karena tidak yakin dengan kompetensi inti dari bisnis yang dijalani.

Apa sebenarnya kompetensi inti itu?

Nama perusahaan Federal express (Fed Ex) sudah dikenal dunia sebagai perusahaan yang memiliki keahlian dalam manajemen logistik. Wallmart selama bertahun-tahun telah menjadi pemasok penting kebutuhan sehari-hari rakyat Amerika. Honda telah menjadi spesialisasi dalam urusan mesin kendaraan.

Semua perusahaan ternama ini memliki satu kesamaan, ya, mereka memiliki kompetensi inti yang menunjang keberlangsungan bisnis mereka.

Kompetensi inti merupakan keahlian, teknnologi maupun karakteristik unik sebuah perusahaan yang mampu memberikan nilai berbeda bagi pengalaman pelanggan anda. McDonalds misalnya mampu bertahan diantara kedai makan lokal lainnya lantaran kompetensi intinya yang secara konsisten dan mampu menyediakan makanan enak dengan rasa konsisten serta harga yang terjangkau di seluruh otletnya di dunia.

Pertanyaannya, mengapa banyak perusahaan di dunia yang mau bersusah payah membuat dan mendefinisikan kompetensi inti dari sebuah bisnis? Apa sebenarnya pentingnya memahami kompetensi inti dari bisnis anda?

Berikut alasannya:

  1. Melahirkan keunggulan kompetitif

Setiap perusahaan pada sebuah titik pasti akan memiliki beberapa kompetitor. Di titik ini, satu-satunya yang mampu menyelamatkan perusahaan dalam sebuah kompetisi yakni kompetensi inti bisnis anda yang akan melahirkan keunggulan kompetitif.

Ini karena pelanggan anda tidak akan mudah teralihkan ke produk kompetitor karena telah merasakan pengalaman unik dan berbeda. Dengan memahami apa kompetensi bisnis perusahaan anda, anda akan dapat membuat produk yang tak hanya berbeda tetapi juga unik. Kompetensi inti yang mapan ini pula yang akan melahirlan loyalitas pelanggan serta imej produk yang akan sulit digantikan.

  1. Sulit ditiru

Identitas unik yang dibangun dari kompetensi inti perusahaan akan membuat produk bisnis anda sulit untuk ditiru. Baskin Robins tidak perlu repot-repot memantu setiap es krim baru yang diluncurkan kompetitor mereka, karena mereka yakin rasa es krim mereka tak akan dapat ditiru.

  1. Menunjukkan posisi perusahaan dalam peta kompetisi

Dengan memiliki pemhaman yang baik terhadap kompetensi inti perusahaan anda, anda akan semakin baik pula dalam memahami posisi perusahaan dibandingkan para rival anda. Ini penting dalam membuat kebijakan serta strategi penting bagi perluasan serta peningkatan produk dan layanan bisnis anda.

Manajemen perusahaan, baik dari level tertinggi hingga karyawan pun akan dengan mudah menentukan dan menjalankan prioritas perusahaan. Tentunya hal ini akan berimbas pula kepada efektivitas alokasi sumber daya hingga modal.

  1. Memperluas area inovasi

Saat Samsung mengenalkan android, tanpa sadar Samsung sudah membuka pintu inovasi produk mereka ke sebuah ruang tanpa dinding. Area inovasi teknologi, layanan, serta kualitas produk Samsung menjadi begitu luas. Dan hebatnya lagi, ini berdampak positif bagi produk-produk elektronik Samsung lainnya seperti televisi, kulkas dan seterusnya.

Kompetensi inti dapat memperluas serta mengharmonisasikan area inovasi hingga produk maupun layanan baru dapat lahir dengan sangat cepat. Go-jek misalnya hingga kini terus melahirkan layanan baru sebagai perluasan dari kompetensi inti mereka, jasa layanan angkut online.

  1. Dengan cepat menemukan dan masuk dalam pasar baru

Kelahiran produk dan layanan baru ini tentunya memungkinkan sebuah perusahaan untuk menemukan dan masuk dalam pasar baru. Zahir Accounting misalnya, setelah 20 tahun dikenal sebagai penyedia layanan software akuntansi terbaik dengan cepat dapat membaca kebutuhan baru pebisnis di era digital dengan menyediakan layanan akuntansi online, Zahir Online. Softwere akuntansi yang dahulu lekat dengan biaya tinggi saat ini bahkan dapat dinikmati secara gratis sehingga pebisnis pemula dan pengelola startup dapat menikmati layanan ini, sekaligus menjadi pasar baru bagi Zahir Accountant.

Bagaimana? Ternyata memahami kompetensi inti sangatlah penting bagi pengembangan bisnis dan usaha anda. Aspek penting yang perlu dicatat adalah bahwa kompetensi inti akan membantu anda mengidentifikasi kekuatan inti sebuah bisnis dan menyusun strategi yang sesuai. Selamat mencari dan mendefinisikan kompetensi inti bisnis anda.

Facebook Comments

No Replies on Pentingnya Mengerti Kompetensi Inti dari Bisnis Anda

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

More in Strategi Bisnis
Strategi-2017
Ingin Bisnis Anda Sukses di Tahun 2017? 6 Strategi Bisnis Ini Bisa Membantu Anda

Ingin Bisnis Anda Sukses di Tahun 2017? 6 Strategi Bisnis Ini Bisa Membantu Anda Setiap tahun, dinamika bisnis menjadi satu...

Close