Aplikasi Software Akuntansi UKM Sebagai Solusi Manajemen Administrasi UKM 4 bulan ago

UKM ( Usaha Kecil Menengah), sebagai penggerak laju ekonomi, pertumbuhan UKM perlu mendapat perhatian dari pemerintah dan pihak terkait lainnya. Namun kenyataannya masih banyak kendala yang dialami UKM untuk bertumbuh terutama karena manajemen administrasi yang masih kurang. Hal itu berimbas pada kemampuan UKM mengakses fasilitas pinjaman modal dari bank, karena pihak bank menginginkan bukti pencatatan. Aplikasi software akuntansi ukm Zahir Simply, adalah solusi bagi UKM untuk manajemen administrasi yang mencatat transaksi akuntansi dengan mudah.

Untuk menggunakan pencatatan akuntansi menggunakan software juga tidak boleh sembarangan. Anda harus memilih aplikasi software akuntansi yang memenuhi kriteria baik seperti yang akan di ulas di bawah ini.

5 Kriteria Aplikasi Software Akuntansi UKM Yang Baik

Memang harus hati-hati dalam memilih sebuah software akuntansi UKM yang akan digunakan sebagai alat pencatatan akuntansi usaha anda. Agar hasil pelaporan sesuai yang diharapkan, maka harus memilih aplikasi software Zahir Simply yang memiliki kriteria fitur yang lengkap dan bagus. Berikut ini kriteria aplikasi yang harus dipenuhi antara lain:

 

1. Terdapat Fitur Pencatatan Semua Transaksi

Dalam menjalankan UKM, anda pasti melakukan banyak transaksi yang berhubungan dengan usaha anda. Semua transaksi tersebut harus dicatat dengan baik agar perusahaan anda lebih akuntable dan memiliki manajemen administrasi yang baik dan teratur. Aplikasi software akuntansi seharusnya bisa membantu hal ini yaitu, dengan memiliki fitur pencatatan transaksi. Transaksi yang harus dicatat adalah seperti, penjualan, pembelian, kas masuk, kas keluar, stok, jurnal umum dan saldo awal.

 

2. Memiliki Fitur Pelaporan Keuangan

Pelaporan adalah hasil dari pengolahan aktivitas pencatatan yang dilakukan setiap hari, biasanya dikeluarkan secara berkala, bulanan, triwulan atau per-tahun. Hasil pelaporan yang dibutuhkan seperti, neraca, rugi laba, cash flow, dan lainnya akan digunakan sebagai bahan laporan ke pihak terkait. Pihak-pihak yang membutuhkan laporan keuangan UKM antaranya seperti, petugas pajak atau bank jika anda ingin mengajukan permodalan. Disinilah pentingnya pencatatan dan pelaporan kegiatan akuntansi usaha kecil anda agar lebih akuntable.

 

3. Terdapat Fitur Analisa Bisnis

Analisa bisnis adalah proses evaluasi ekonomi dan keadaan perusahaan dengan melihat hasil pelaporan di atas. Pentingnya analisa sebuah bisnis adalah akan mempengaruhi banyak keputusan di bidang keuangan dan investasi usaha anda. Seperti keputusan pinjaman modal, perpanjangan tenor pinjaman modal, investasi perusahaan dan lain sebagainya. Dengan adanya analisa bisnis usaha anda, maka anda juga akan mengetahui posisi keuangan dan kinerja usaha anda.

 

4. Mudah Digunakan Oleh Orang Awam

Sebagian besar pelaku UKM tidak melek teknologi apalagi akuntansi, maka dari itu masih banyak UKM yang tidak melakukan pencatatan akuntansi. Maka dari itu dibutuhkan aplikasi software akuntansi yang mudah digunakan oleh orang yang awam sekali pun, agar UKM menjadi akuntable. Jika aplikasi mudah digunakan, maka pelaku UKM akan dengan senang hati mencoba menggunakan aplikasi juga sebaliknya. Jika rumit dan susah digunakan maka anda pun pasti juga akan enggan melakukan pencatatan.

 

5. Tampilan Fitur Menarik Dan Mudah Dipahami

Tampilan yang sederhana dengan gambar yang jelas dan menarik akan mudah dipahami oleh penggunanya. Diberikan gambar dan nama yang jelas pada semua ikon yang ada pada aplikasi tersebut. Hal itu akan sangat membantu pengguna, dalam hal ini adalah pelaku UKM.

Demikian beberapa kriteria aplikasi software akuntansi UKM yang baik, yang harus anda pilih dan gunakan untuk menjadikan UKM anda akuntable. Software akuntansi UKM akan membantu manajemen administrasi usaha kecil menengah yang anda jalankan. Anda bisa mendapatkannya di Google Play atau App Store bagi pengguna Android dan iOS.

 

 

Facebook Comments

No Replies on Aplikasi Software Akuntansi UKM Sebagai Solusi Manajemen Administrasi UKM

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>