Rahasia sukses dalam membangun Bisnis Online Shop agar lebih menguntungkan. 2 tahun ago

rahasia sukses membangun bisnis online agar lebih menguntungkan

Siapa yang tidak mengenal dengan istilah Bisnis online shop saat ini. Bisnis online shop merupakan bisnis jual beli yang dilakukan melalui media internet, baik dari transaksi distribusi barang hingga pembayrannya semua dilakukan melalui media yang sedang menguasai dunia saat ini yaitu internet.

Bisnis yang dahulu sempat dipandang sebelah mata kini telah menjelma menjadi bisnis yang menjanjikan. Bahkan tidak sedikit dari sekian banyak pengusaha-pengusaha yang dulunya hanya menapaki bisnis offline kini berkembang menjadi bisnis online. Namun tidak sedikit juga yang gagal dalam menjalankan Bisnis Online Shop karena berbagai faktor. Berikut penulis beberkan beberapa rahasia sukses dalam membangun bisnis online shop anda :

  1. Analisa pasar dan tentukan bisnis online apa yang akan anda geluti
    Ini langkah paling awal yang harus kita tetapkan. Pilih sasaran pasar anda terlebih dahulu, mau menyasar ke zona bawah, menengah, atas atau seluruh zona. Pangsa pasar ini akan membuat anda untuk menetapkan kebutuhan atau bisnis apa yang akan anda jalani. Tentunya analisa pasar disini juga akan mempengaruhi strategi pemasaran anda untuk selanjutnya. Jika anda agak ragu-ragu dalam mengambil pangsa pasar baiknya anda pilih untuk zona tengah. Ini adalah zona yang paling aktif dan paling berpotensi karena ini menghubungkan antara zona atas dan zona bawah, menghubungkan antara customer dan produsen.
  2. Bangun karakter sebagai pelaku bisnis online yang jujur dan inovatif
    Ini poin paling penting dalam menjalankan Bisnis Online Shop. Semua orang bisa membangun Bisnis online shop tapi tidak semua orang bisa Jujur. Beberapa orang bisa jujur tapi banyak juga yang tidak sabar. Banyak orang bisa sabar tapi tidak banyak yang bisa inovatif. Nah ini semua harus ada dalam diri kita jika ingin bisnis online bisa sukses menghasilkan keuntungan yang segar.
  3. Perbanyak relasi serta aktif di forum – forum yang relevan dengan bisnis anda
    Nah selanjutnya kita mesti memperbanyak relasi kita. Salah satu contoh langkah untuk memperbanyak relasi kita mesti gabung atau join di beberapa group sosial media dan ikut aktif dalam diskusi atau review perihal didalam forum tersebut. Ini bertujuan untuk mendapatkan nama dan mengenalkan siapa anda dan apa bisnis anda. Karena surviver online itu akan lebih nyaman dan suka pada orang atau bisnis online yang telah mereka kenal.
  4. Hindari sebisa mungkin spamming (broadcast berlebihan) dalam promosi anda
    Iya sih ini memang tujuannya untuk promosi supaya para pelanggan tau bisnis kita. Tapi ingat tidak semua pelanggan merasa nyaman dengan spamming (broadcast) tentang promosi. Dan ini bisa berakibat fatal, mereka bisa memblokir dan menghapus akun anda. Boleh saja anda spamming promosi bisnis online anda tapi lakukan dengan cara yang elegan. Misalnya kita broadcast quote yang bijak dan diselimipi promosi bisnis kita. Simple saja dan jangan berlebihan.
  5. Manajemen waktu dan keuangan bisnis online shop anda
    Bisnis online sudah berkembang pesat, transaki penjualan meningkat drastis. Ingat ini bukan tolok ukur keuntungan dalam bisnis. Tolor ukur utamanya adalah berapa laba / keuntungan dari bisnis online shop kita. Percuma saja jika omset online shop kita besar tapi ada kebocoran biaya sehingga menyebabkan rugi atau balik modal. Jika itu terjadi kita kehilangan waktu yang sangat berharga, disinilah pentingnya majemen waktu dan laporan keuangan yang baik. Jika anda tidak bisa mengelolah keuangan sendiri ya minimal pakailah software / aplikasi keuangan yang baik contoh saja zahir accounting. Ingat sebesar apapun bisnis anda jika manajemen internalnya berantakan, itu seperti bom waktu yang sedang menunggu meledak dan hancur berkeping – keping.

 

 

Writer : Khoirul Anam (Zahir Surabaya)

Facebook Comments

One Reply on Rahasia sukses dalam membangun Bisnis Online Shop agar lebih menguntungkan.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>