Peluang Bisnis Online Populer di Indonesia

Semakin lama pola pikir masyarakat untuk menciptakan suatu peluang bisnis makin berkembang. Untuk itu masyarakat akan mengingat hal yang unik dan berbeda sehingga ingin terus mencicipi dan senang menggunakan hal yang baru. Banyak pegawai yang beralih menjadi pengusaha karena dilihat nilai peluang usahanya sangat menjamin. Kita bisa mempelajarinya dengan seksama dan mulailah memodifikasi sesuai dengan keinginan dan kesediaan modal.

Sebenarnya banyak orang yang memliki niat untuk menjadi pengusaha untuk membuka usaha sendiri tetapi faktor modal yang menjadi kendala paling besar bagi sebagian besar orang sehingga tetap memilih sebagai pegawai. Ada cukup banyak peluang bisnis dengan modal yang relatif terjangkau yaitu dengan bisnis online dapat dijadikan sebagai usaha sampingan yang menguntungkan.

Bisnis online merupakan peluang bisnis di internet dengan modal yang tidak terlalu besar dan bahkan tanpa modal sekalipun. Saat ini, bisnis online sudah mulai menjamur dan ngetrend di kalangan masyarakat kita karena dapat memudahkan konsumennya tidak perlu repot-repot lagi hunting ke tempat-tempat tertentu untuk membeli barang-barang yang diinginkan. Menjalankan usaha melalui media online semakin mudah dengan perkembangan teknologi dan media yang sudah semakin maju.

Dengan modal yang cukup simple yaitu koneksi internet dan komputer/laptop/handphone, bisnis online bisa segera direalisasikan. Hingga saat ini banyak jenis online yang sedang ngetrend di kalangan pebisnis. Namun dari sekian banyak jenis berikut peluang bisnis online populer di Indonesia, yaitu:

  1. Menjual Produk Sendiri di Online Shop Pribadi
    Peluang bisnis online yang pertama adalah menjual produk sendiri di online shop pribadi. Konsepnya adalah kita menjual produk atau beberapa yang kita miliki di website online shop kita sendiri.
  2. Menjual Produk di Pasar Online (Market Place)
    Peluang bisnis online selanjutnya adalah menjual produk di pasar online. Konsepnya hampir sama seperti point no 1 diatas, bedanya adalah kali ini online shop kita berada di platform market place. Misalnya kita memiliki toko dan berjualan di tokopedia.com
  3. Menjual Produk di Sosial Media
    Peluang bisnis online lainnya adalah kita juga bisa menjual produk di sosial media seperti facebook dan instagram. Sudah banyak produk – produk yang menjadi terkenal dan laris berkat viralitas dari media sosial. Contohnya adalah seperti keripik maicih atau kue bandung makuta.
  4. Menjadi Dropshipper
    Konsep dari bisnis ini adalah kita menjual produk tanpa memiliki persediaan barang tersebut (tidak ready stock). Biasanya kita baru akan mengirimkan barangnya kepada distributor setelah adanya transaksi pemesanan / pembelian.
  5. Affiliate Marketing
    Konsep dari bisnis ini adalah kita cukup mempromosikan barang atau produk tertentu tanpa perlu menjualnya, sehingga bila orang yang kita promosikan membeli produk tersebut, kita akan mendapatkan komisi penjualan.
  6. Membuka Kursus Online
    Konsep dari bisnis ini adalah, guru dan murid tidak perlu bertemu di tempat yang sama, proses pembelajarannya cukup melalui media online saja.
  7. Jasa Desain Grafis
    Konsep dari bisnis jasa desain grafis ini adalah desainer cukup menerima order desain dari kliennya melalui media online seperti email atau google drive atau aplikasi lainnya tanpa perlu bertemu langsung.
  8. Menjual Foto Royalty Free
    Konsep dari bisnis ini adalah kita menjual berbagai macam stok foto untuk dibeli oleh orang – orang yang membutuhkan materi foto tersebut. Biasanya kita bisa memberikan gratis ataupun berbayar untuk mendapatkan file foto tersebut.
  9. Menjual Plugin atau Template WordPress
    Salah satu peluang bisnis online lainnya yang seding “in” adalah template wordpress dan plugin-nya. Website – website yang ada sekarang sudah banyak yang menggunakan basis wordpress beserta plugin-nya.
  10. Menjadi Freelance Blogger atau Penulis Artikel
    Bagi Anda yang memiliki hobi menulis cerita, ini merupakan peluang bisnis online yang sangat menggiurkan, karena di dunia digital, konten adalah segalanya. sehingga banyak pelaku – pelaku bisnis yang mencari tenaga dari blogger ini.
  11. Menjadi Copywriter
    Bagi Anda yang memiliki kreatifitas dalam membuat tagline atau kalimat marketing, ini juga merupakan peluang bisnis online yang menjanjikan.
  12. Menjadi Translator
    Walaupun saat ini sudah ada aplikasi yang bisa mentranslasikan bahasa, namun tenaga translator tetaplah dibutuhkan, pertimbangannya adalah karena translator memiliki ke fleksibilitasan yang tinggi dalam mentranslasikan bahasa dibandingkan dengan aplikasi translasi atau istilahnya tidak teksbook.
  13. Menulis dan Menerbitkan e-Book
    Menjadi penerbit buku tetaplah menjanjikan, namun kini Anda sudah bisa menerbitkan buku Anda dalam bentuk e-book yang lebih praktis dan mudah didapat bagi calon pembaca.
  14. Menjadi Pelatih atau Konsultan
    Menjadi pelatih atau konsultan sekarang semakin mudah dengan adanya teknologi skype ataupun aplikasi berbagi dokumen, sehingga Anda bisa berbagi materi dengan mudah.
  15. Jasa Pembuatan Website
    Setiap perusahaan pasti memerlukan website, dan ini merupakan peluang bagi Anda bila Anda memiliki keahlian dalam membuat website.
  16. Jasa Pembuatan Aplikasi
    Sama seperti jasa pembuat website, jasa pembuat aplikasi saat ini sangat menjanjikan karena semakin banyaknya pengguna smarrtphone dan tren penggunaan aplikasi yang sangat tinggi. Contohnya seperti aplikasi ojek online atau aplikasi pemesanan hotel atau tiket pesawat.
  17. Jasa SEO & SEM
    Dulu, kita mengenal yang namany agensi iklan majalan maupun koran, kini zaman sudah beralih kepada media digital. Ahli SEO (search engine optimizer) dan SEM (Search Engine Marketing) adalah “nyawa” dari pemasaran suatu bisnis, tentu banyak sekali orang yang mencari jasa ini.
  18. Jasa Sosial Media Expert
    Selain jasa SEO dan SEM, jasa lainnya yang sedang banyak dicari adalah jasa sosial media expert, sama seperti SEO dan SEM, sosial media pun kini menjadi lokomotif dalam memasarkan produk.
  19. Menjadi Youtuber
    Salah satu contoh bisnis dari menjadi seorang youtuber adalah kita menjadi seorang reviewer suatu gadget, semakin banyak pemirsa atau subscriber yang menonton video review produk tertentu, maka akan semakin banyak pula produk tersebut dikenal.
  20. Jasa Pembuat Desain Kaos
    Konsepnya adalah kita menjual design kaos yang kita telah buat kepada pihak ke 3, kemudian pihak ke 3 lah yang akan mencetak design tersebut untuk si pemesan.
  21. Sewa Kamar Untuk Diinapkan
    Contoh dari bisnis adalah airbnb atau airyrooms. Jadi kita menyewakan kamar yang kita miliki dan memasang iklan kamar kita tersebut disitus penginapan seperti airbnb atau airyrooms.
  22. Jasa Voice Over
    Jasa voice over atau pengisi suara merupakan bisnis yang sangat bagus dan jangkauannya pun sangat jauh. Misalnya, sebuah perusahaan di negara A ingin memproduksi video yang diisi oleh pengisi suara dari negara B, maka perusahaan A tersebut cukup mencari di situs penyedia jasa voice over dan mencari talenta dari negara B yang sesuai keinginannya tanpa perlu mendatangkan pengisi suara tersebut ketempatnya.
  23. Dan masih banyak lagi peluang bisnis online yang bisa Anda ambil dalam era digital sekarang ini.

Demikian artikel ini dibuat, semoga bermanfaat. Seperti istilah tidak ada gading yang tak retak, jika ada kekurangan mohon dimaklumi ya.. 🙂

Terima kasih

 

Penulis : Dimas Fahreza

Facebook Comments
Bagikan artikel
Artikel Terbaru
suplychain
Supply Chain Adalah: Definisi, Fungsi, Manfaat dalam Bisnis
Supply chain adalah salah satu elemen penting...
2
Konsultan Adalah: Pengertian dan Perannya dalam Bisnis Anda
Saat memulai atau mengembangkan bisnis, Anda...
Gambar WhatsApp 2024-02-13 pukul 14.01
4 Metode Depresiasi: Rumus, dan Contohnya
Jika Anda pernah punya barang seperti mobil...
invoice
Apa Itu Invoice? Perbedaannya dengan Nota dan Kuitansi
Apa itu Invoice? Jika Anda adalah seorang...
branding
Branding Identity Adalah: 7 Cara Membuatnya dan Contoh Bisnis
Jika Anda memiliki bisnis, maka Anda pasti...
Artikel Terkait

Kelola invoice, inventory, keuangan dalam satu aplikasi, Monitor bisnismu kapan saja dimana saja.

Zahir Berpengalaman 27 Tahun membantu lebih dari 100.000 Bisnis untuk bertumbuh