MENGATUR HUTANG DAN PIUTANG YANG MUDAH DAN BENAR 2 tahun ago

mengatur hutang piutang yang mudah dan benar

Kenapa mengatur hutang piutang sangat penting didalam suatu perusahaan, baik kita akan perumpamakan piutang sebagai perahu kecil sedikit celah yang bocor dan hutang kita umpamakan perahu kecil yang memiliki banyak celah bocor, menurut anda perahu mana yang akan cepat menyebrangi sungai ? ya pasti anda akan memilih perahu yang memiliki sedikit celah bocor, begitu juga suatu perusahaan, perusahaan yang berpikir maju pasti akan memikirkan cara agar perusahaan melaju dengan cepat dan bergerak maju.

Laporan hutang dan piutang ini berperan sangat amat penting didalam suatu perusahaan, disini saya sebagai penulis akan mengajarkan mengatur hutang dan piutang yang mudah dan benar, mungkin bagi seorang pembisnis yang sudah lama bergelut dengan perusahan dan mengerti Accounting mengatur hutang dan piutang mudah tetapi bagi anda yang baru bergerak dibidang bisnis dan belum mengerti Accounting pasti cara ini sangat membantu anda dalam menjalankan bisnis.

Dokumen apa saja yang digunakan dalam pencatatan piutang ke dalam kartu piutang diantaranya sebagai berikut :

  1. Faktur penjualan
    Dokumen ini digunakan sebagai dasar pencatatan timbulnya piutang dari transaksi penjualan kredit. Dokumen ini juga dilampiri dengan surat muat (bill of lading) dan surat order pengiriman sebagai dokumen pendukung untuk mencatat transaksi penjualan kredit.
  2. Bukti Kas Masuk
    Dokumen ini digunakan sebagai dasar pencatatan berkurangnya piutang dari transaksi pelunasan piutang oleh debitur. Dasar pencatatan ke dalam kartu piutang digunakan surat pemberitahuan (remittance advice) sebagai dokumen sumber.
  3. Memo Kredit
    Dokumen ini digunakan sebagai dasar pencatatan retur penjualan. Memo kredit dikeluarkan oleh bagian order penjualan dan jika dilampiri dengan laporan penerimaan barang yang dibuat oleh bagian penerimaan, merupakan dokumen sumber untuk mencatat transaksi retur penjualan.
  4. Bukti Memorial (Journal Voucher)
    Dokumen ini merupakan dokumen sumber untuk dasar pencatatan transaksi ke dalam jurnal umum, yang dikeluarkan oleh fungsi kredit yang memberikan otorisasi penghapusan piutang yang sudah tidak dapat ditagih lagi. Dalam pencatatan piutang, dokumen ini digunakan sebagai dasar pencatatan penghapusan piutang.

Pada dasarnya pembuatan laporan Hutang dan Piutang bertujuan piutang bertujuan untuk mencatat mutasi hutang piutang perusahaan , yang terjadi karena transaksi penjualan kredit, retur penjualan, penerimaan kas dari piutang, dan penghapusan piutang, dan sistem akuntansi utang meliputi prosedur pencatatan distribusi pembelian berupa pengembalian barang yang dibeli kepada pemasok yang bersangkutan.

Dokumen sumber untuk dasar pencatatan mutasi piutang adalah faktur penjualan, memo kredit, dan bukti memorial, sedangkan untuk dokumen sumber untuk pencatatan utang karena adanya pengembalian barang adalah memo debit dan laporan pengiriman barang.

Metode pencatatan piutang ke dalam buku pembantu piutang terdiri dari metode konvensional, posting langsung ke dalam kartu piutang atau pernyataan piutang, metode pencatatan tanpa buku pembantu, sedangkan untuk metode pencatatan utang dilakukan dengan metode account payable procedure dan voucher payable.

Catatan akuntansi yang digunakan dalam sistem akuntansi piutang adalah jurnal penjualan, jurnal retur penjualan, jurnal penerimaan kas, jurnal umum, dan kartu piutang dagang. Untuk catatan akuntansi yang digunakan untuk mencatat mutasi utang dalam account payable procedure adalah kartu utang, jurnal pembelian, dan jurnal pengeluaran kas.

Contoh laporan hutang yang mudah dan baik pada program Zahir Accounting

Contoh Laporan Hutang

 

Contoh laporan piutang yang mudah dan baik pada program Zahir Accounting

Contoh Laporan Piutang

Mudah bukan untuk membuat laporan Hutang – Piutang, dengan menggunakan Software Akuntansi  Zahir Accounting Semua Menjadi Mudah.

 

Penulis : M Zerra Haqsah

Facebook Comments

No Replies on MENGATUR HUTANG DAN PIUTANG YANG MUDAH DAN BENAR

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>