Manfaat adanya Software Buku Besar Akuntansi 2 tahun ago

manfaat adanya software buku besar akuntansi

Manfaat adanya Software Buku Besar Akuntansi

Apa yang membuat software buku besar akuntansi menjadi hal yang krusial dalam menjalankan bisnis dan usaha di era modern ini? Apa yang membuat mereka begitu berbeda dari pelaksanaan akuntansi secara tradisional? Dan, yang terpenting, bagaimana software buku besar akuntansi dapat membantu Anda dalam menentukan keputusan-keputusan bisnis yang penting.

Seiring dengan perkembangan perusahaan/organisasi yang terus meningkat tentunya kita harus siap mengimbanginya dengan sistem pencatatan dan pelaporan keuangan yang membaik guna mengurangi berbagai macam tingkat kesalahan. Untuk mempercepat dan meminimalkan human error dalam pembuatan laporan keuangan tentu kita perlu suatu program pendukung.

Bagi mata awam, akuntansi mungkin terlihat seperti kumpulan penambahan dan pengurangan angka berdasarkan pendapatan dan pengeluaran perusahaan. Dalam satu sisi, tidak ada yang salah dengan pemikiran tersebut. Tapi, di sisi lain, akuntansi memiliki peran yang jauh lebih penting daripada sekadar melihat pendapatan dan pengeluaran.

Akuntansi adalah senjata krusial dalam menentukan kebijakan penting perusahaan. Ekspresi tersebut dinyatakan oleh Profesor Michael A. Roberto, dosen senior akuntansi dan real estate dari Universitas California. Beliau mengatakan bahwa laporan akuntansi dapat memprediksi dan bahkan mencegah kebangkrutan suatu usaha.

Salah satu titik krusial siklus akuntansi adalah proses pembukuan dari jurnal ke buku besar akuntansi. Buku Besar akuntansi atau bisa disebut dengan general ledger adalah bagian dari langkah kedua dalam siklus akuntansi setelah pencatatan jurnal dari transaksi. Buku Besar merupakan hasil dari mutasi transaksi dari hasil postingan jurnal yang berfungsi untuk melihat dan menilai kumpulan dari mutasi masing-masing akun, saldo awal, serta saldo akhir yang nantinya akan digunakan lagi sebagai dasar pembuatan jurnal penyesuaian sampai kepada Laporan Keuangan.

Secara lebih konvensional, agar dapat memposting jurnal-jurnal ke dalam buku besar maka diperlukan ketelitian yang sangat tinggi dalam melakukan perhitungan satu persatu dari nilai akun yang terdapat pada jurnal dengan menambahkan atau mengurangi beberapa nilainya berdasarkan posisinya yang berada di debit atau kredit.  Apabila sudah ditemukan nilai akhirnya, maka barulah nilai saldo akhir yang telah diperoleh tersebut akan dimasukkan ke masing-masing akun dalam buku besar, begitu pula dengan akun-akun lainnya sehingga nilai aktiva dan passiva akan seimbang.

Apabila menggunakan cara seperti ini memang terbilang agak rumit (susah-susah gampang) dan sangat rentan sekali akan terjadinya kesalahan. Yang biasanya terjadi adalah terdapat adanya ketidakseimbangan diantara posisi aktiva (nilai debet) dan passiva (nilai kredit) pada buku besar. Jika seringkali terjadi hal-hal seperti ini, Anda harus mencari tahu sendiri dari mana letak kesalahannya dengan cara mengeceknya satu per satu saldo dari setiap masing-masing akun, tentunya hal ini tidak hanya akan membuang-buang waktu Anda, namun juga menjadikan Anda semakin bertambah pusing dan tidak mungkin untuk bisa menuju langkah selanjutnya dalam pembuatan laporan keuangan karena masih terdapat beberapa kesalahan dalam buku besar.

Dengan adanya peristiwa rumit seperti diatas, maka sudah sepantasnya bagi Anda untuk mencari perangkat yang lebih mendukung dalam pencatatan secara otomatis. Perangkat yang dimaksudkan disini adalah dengan menggunakan software akuntansi GL atau software akuntansi general ledger. Software akuntansi general ledger merupakan sejenis (perangkat lunak) software akuntansi yang digunakan untuk mencatat segala jenis transaksi jurnal, buku besar, sampai bisa menghasilkan laporan keuangan seperti : Laporan Neraca, Laba Rugi, Arus Kas, dan lain sebagainya secara otomatis, tentunya hal ini tidak akan menjadikan Anda semakin bertambah pusing atau waktu Anda sampai terbuang sia-sia.

Software buku besar akuntansi biasanya akan dibuat secara lebih sederhana untuk mencatat data master (akun, sub akun, data karyawan dan lain-lain) atau pembuatan jurnal double entry yaitu posisi debit dan kredit langsung pada form yang telah disediakan pada menunya. Penerapannya Anda hanya akan memasukkan akun-akun yang telah dilibatkan di jurnal yang kemudian diisi dengan data penunjang lainnya seperti nama tujuan, nilai kurs (apabila menggunakan mata uang asing), departemen, dan lain sebagainya.

Pada hematnya software akuntansi buku besar menjadi penting apabila anda ingin memeriksa situasi bisnis anda secara mendalam. Anda bisa memeriksa produk mana yang paling menghasilkan, paling berkembang pesat, atau apakah produk tersebut malah merugikan Anda.

Salah satu keuntungan terbesar software akuntansi buku besar adalah dalam faktor penghematan biaya. Untuk usaha kecil dengan budget yang terbatas, mempekerjakan akuntan bisa jadi suatu kemewahan. Bahkan bagi usaha besar, alternatif mengembangkan sistem akuntansi perusahaan sendiri dapat menenggelamkan dana secara cepat.
Di lain sisi, perhitungan secara otomatis juga mempercepat proses akuntansi secara dramatis. Hal ini amat berharga bila Anda memutuskan untuk melakukan akuntansi usaha secara pribadi. Waktu yang dihemat oleh software akuntansi dapat digunakan untuk kegiatan yang lebih penting, seperti perencanaan dan manajerial internal.

Dan yang terpenting adalah ketika perusahaan berkembang, tentunya jumlah akuntansi yang harus dilakukan juga menjadi semakin banyak dan bahkan menjadi lebih rumit. Untungnya, proses akuntansi yang sudah berkembang secara digital membuat pekerjaan ini menjadi mudah dan lugas. Melalui software akuntansi, proses perhitungan finansial perusahaan menjadi pekerjaan yang yang dapat mempermudah pelaku usaha dan bisnis. Tentu saja kemampuan untuk mendata seluruh arus keuangan secara kronologis dengan praktis adalah satu keuntungannya.

Sebagai tambahan, bila Anda mengalami kesulitan mengoperasikan software. Sudah banyak software akuntansi online yang menyediakan jasa teknisi. Tinggal sampaikan permasalahan yang dialami dan para teknisi yang bekerja secara online akan membantu para pelanggan untuk menyelesaikan permasalahan.

 

Oleh : Dirma Sakti Putra

 

Daftar Pustaka

Inilah Pengertian, Fungsi, Bentuk dan Contoh Buku Besar Akuntansi


https://www.jurnal.id/id/blog/peran-penting-software-akuntansi-online

MANFAAT DAN FITUR DARI SOFTWARE AKUNTANSI BUKU BESAR (GENERAL LEDGER)


http://softwarelaporankeuangan.com

Facebook Comments

No Replies on Manfaat adanya Software Buku Besar Akuntansi

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>