Bentuk - Bentuk Laporan Neraca Keuangan 1 tahun ago

bentuk bentuk laporan neraca keuangan

Sebelum kita membahas bentuk bentuk laporan neraca, mungkin sebelumnya kita harus tau dulu apa sih itu neraca.?

Laporan Neraca

Pengertian neraca secara harfiah adalah timbangan. Dalam Bahasa inggris adalah Balance sheet atau lembar keseimbangan. Artinya, laporan neraca adalah jumlah aktiva harus seimbang dengan jumlah kewajiban ditambah dengan modal, Untuk memudahkan Analisa keuangan biasanya perusahaan membuat neraca perbandingan atau neraca komparatif, isinya adalah perbandingan antara bulan berjalan dengan bulan sebelumnya.

Laporan neraca terdiri dari akun-akun riil seperti :

  1. Harta (asset/aktiva)
  2. Hutang (kewajiban / liabilities)
  3. Modal (ekuitas / equity)

Setelah kita mengetahui sedikit tentang pengertian laporan neraca, kali ini akan baru kita bahas bentuk bentuk laporan neraca.

Bentuk – bentuk Laporan Neraca

Terkadang dalam mempelajari sesuatu laporan seperti neraca, kita hanya mengetahui satu bentuk saja, padahal sebenarnya masih ada satu bentuk lagi. Tidak hanya neraca, beberapa laporan pada laporan keuangan mempunyai bentuk satu atau lebih dari satu.

Neraca mempunyai dua bentuk yaitu bentuk staffel dan skontro, agar lebih jelasnya mari kita simak ulasan bentuk neraca dibawah ini.

  1. Neraca Bentuk Scontro
    ( Neraca Bentuk T atau disebut Account Form )Neraca bentuk scontro ini biasa disebut juga neraca bentuk T. Mengapa?
    Karena susunannya berbentuk sebelah-menyebelah dengan kelompok harta (aktiva) sebelah kiri dan utang serta modal (passiva) di sebelah kanan. Mari kita perhatikan neraca bentuk scontro pada perusahaan Jujur service.

    Contoh Neraca

    Contoh Neraca

     

  2. Neraca Bentuk Staffel

    ( Report Form )Mengapa neraca bentuk staffel disebut sebagai neraca bentuk laporan?
    Neraca bentuk staffel disebut sebagai neraca bentuk laporan karena bentuk susunannya berurutan dari atas ke bawah secara berurutan.Neraca bentuk laporan tersusun secara urut dari kelompok harta (aktiva) paling atas sampai kelompok utang dan modal paling bawah. Jujur service telah membuat neraca bentuk scontro seperti di atas, bagaimana gamabaran neraca bentuk staffel.? Perhatikan neraca bentuk staffel pada perusahaan

    Neraca Bentuk Staffel

    Neraca Bentuk Staffel

Adapun selain bentuk laporan neraca yang beragam, neraca juga memiliki fungsi yang sangat penting bagi perusahaan anda.

Fungsi Neraca

Fungsi neraca pada intinya untuk menaksir kesehatan keuangan,  meramalkan keadaan arus kas di masa depan dan berfungsi untuk menganalisis likuiditas serta fleksibilitas keuangan perusahaan.

Rumus Neraca

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa laporan neraca harus menggambarkan keseimbangan antara jumlah aktiva dengan jumlah kewajiban dan modal.

Aktiva = Kewajiban + Modal

Kesimpulan

Jika kita amati melihat kedua bentuk neraca di atas hanya memiliki perbedaan tipis, yaitu bersebelahan dan bersusun. Tapi jumlah atau saldo neraca tetap sama antara aktiva dan passiva maka perlu untuk kita ketahui bahwa Ketika kita bicara soal Sebuah system keuangan perusahaan lalu anda adalah seorang pemimpin perusahaan sekaligus pemilik perusahaan.

Maka ketika anda bicara sebuah laporan keuangan perusahaan. anda punya kewajiban menganalisa terhadap posisi laporan keuangan perusahaan anda. Jadi bagaimanapun bentuk sebuah laporan baik neraca yang disajikan dalam bentuk staffel maupun skontro ataupun laporan yang lainnya, anda sebagai seorang yang paham akuntansi tentunya harus bisa membaca setiap laporan keuangan yang di suguhkan.

Karena laporan keuangan merupakan alat yang penting untuk memperoleh informasi sehubungan dengan posisi keuangan dan hasil-hasil yang telah dicapai oleh perusahaan.  Oleh karena itu laporan harus dibuat dengan detail dan terperinci. Untuk memudahkan semua hal itu Anda bisa mencoba menggunakan Software Akuntansi dari zahiraonline.

Demikian artikel yang saya buat, mudah-mudahan ada manfaatnya

 

Penulis : Fajar Udin

Facebook Comments

No Replies on Bentuk – Bentuk Laporan Neraca Keuangan

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

More in Akuntansi
cara mudah stok opname otomatis
Cara Mudah Stock Opname Otomatis Melalui Zahir Accounting 6

Apa itu Stock Opname? Sebelum membahas cara mudah Stock Opname otomatis, adapun kita harus tahu pengertian dari Stock Opname itu...

Close